Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Forum Humas BUMN, dan Majalah BUMN Track memberikan penghargaan kepada PT Telkom Tbk sebagai BUMN terbaik.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar menyerahkan penghargaan tersebut dalam seremoni di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada Jumat malam.

"Dengan pemberian apresiasi seperti ini BUMN akan berlomba menunjukkan kinerja yang lebih baik. Yang dapat penghargaan termotivasi menjadi lebih baik dan yang belum dapat terpacu untuk memperbaiki diri," katanya.

Menurut Aviliani, salah satu anggota dewan juri, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan sejumlah penilaian, termasuk di antaranya penerapan Key Performance Indicator (KPI) dan penerapan tata laksana perusahaan secara baik.

Selain memberikan penghargaan kepada BUMN yang memiliki kinerja terbaik, pemberi penghargaan juga menyerahkan penghargaan kepada BUMN yang memenangi kriteria penilaian tertentu.

Penghargaan bagi BUMN yang dinilai menerapkan indikator kunci performa (KPI) secara tepat dan berhasil mencapai target yang ditetapkan diberikan kepada PT Telkom Tbk sebagai pemenang pertama, disusul PT Bank Mandiri Tbk dan PT Jasindo (Persero) sebagai pemenang kedua dan ketiga.

Perseroan Terbatas (PT) Jamsostek dan PT Antam Tbk menerima penghargaan sebagai BUMN nonterbuka dan terbuka yang paling baik menerapkan tata laksana perusahaan yang baik (good corporate governance).

Selanjutnya, PT Pos Indonesia Tbk menerima penghargaan sebagai BUMN yang paling baik melakukan sinergi dengan BUMN lain, dan PT Jamsostek (Persero) sebagai BUMN yang paling baik dalam melakukan pengadaan barang dan jasa.

Kementerian BUMN, Forum Humas BUMN, dan Majalah BUMN Track juga memberikan penghargaan kepada PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) sebagai BUMN yang melakukan usaha paling baik untuk mengamankan dan menyelamatkan aset BUMN serta kepada PT Pupuk Kaltim (Persero) yang dinilai paling baik menertibkan pengelolaan sumbangan tetap BUMN.

Penghargaan juga diberikan kepada PT Bank Mandiri Tbk yang dinilai memiliki laman terbaik, dan PT Pusri Grup yang paling baik mengelola dana PSO (Public Service Obligation).

Di samping itu PT Bank Mandiri Tbk juga mendapatkan penghargaan sebagai BUMN yang paling baik mengelola dana pensiun dan PT Telkom Tbk sebagai BUMN dengan pengelolaan sumber daya manusia terbaik. (M035/D007)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010