Jakarta (ANTARA News) - Simon Santoso meraih gelar pertama tahun 2010 setelah pada final Taiwan Terbuka, Minggu, unggulan ketiga itu mengalahkan Shon Wah Ho dari Korea 21-14, 21-11.

Gelar juara pada turnamen Grand Prix Gold berhadiah total 200.000 dolar AS itu menjadi gelar pertama Simon sejak menjuarai Denmark Super Series pada Oktober 2009.

Pada final ganda campuran, pasangan unggulan pertama Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa membalaskan kekalahan di final Macau Terbuka pekan lalu, dari pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir untuk meraih gelar juara.

Hendra/Vita mengalahkan juara Macau Tontowi/Liliyana dengan skor ketat 22-20, 14-21, 22-20.

Soal penampilan Tontowi/Liliyana yang berhasil meraih gelar di Macau dan mencapai final Taiwan pada dua turnamen pertama mereka, pelatih ganda campuran Richard Mainaky mengaku puas.

"Saya puas dengan hasil Tontowi/Liliyana di dua kejuaraan pertama dari pasangan baru ini, sudah maksimal dan melampaui target, juga mengalahkan unggulan," kata Richard.

Soal kekalahan di final Taiwan, Richard memandangnya sebagai sesuatu yang wajar.

"Karena khususnya Tontowi terlalu berlebihan ambisinya untuk juara lagi. jadi main terburu-buru sehingga kurang terkontrol permainannya," katanya.

Tuan rumah Taiwan mendapat satu gelar melalui pemain tunggal putri Cheng Shao Chieh yang mengalahkan unggulan ketiga Bae Seung Hee dari Korea 21-11, 24-26, 21-17.

Sedangkan dua gelar tersisa yakni ganda putra dan ganda putri direbut Korea.

Pasangan Kim Min Jung/Lee Hyo Jung meraih gelar ganda putri dengan mengalahkan rekan senegara mereka Lee Kyung Won/Yoo Hyun Young 21-14, 22-20.

Sementara gelar ganda putra direbut unggulan ketiga Jung Jae Sung/Lee Yong Dae yang memenangi pertarungan antara sesama ganda Korea dengan unggulan keenam Cho Gun Woo/Kwon Yi Goo 21-10, 21-16.(*)
(T.F005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010