Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik Universitas Indonesia, Andrinof Chaniago berpendapat, peluang Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto untuk menjadi calon presiden pada 2014 sangat kecil, bahkan tidak memiliki peluang sama sekali.

"Belum ada peluang sama sekali bagi Tommy untuk menjadi calon presiden," kata Andrinof, Jakarta, Minggu.

Menurut dia, Tommy tidak memiliki prospek untuk dijadikan calon presiden, apalagi menjadi presiden.

"Kalau ada yang mendukung Tommy, hanya orang yang loyal dan diuntungkan," katanya.

Ditambahkan, memunculkan keluarga Soeharto atau Cendana untuk menjadi penguasa ke depan, tidak akan terwujud meskipun diwakili oleh Tommy Soeharto dengan menjadi calon presiden 2014.

Masyarakat masih ingat bagaimana perlakukan Soeharto yang memerintah selama 32 tahun.

"Rezim Keluarga Soeharto sulit dimunculkan lagi karena masyarakat masih trauma," kata Andrinof.

Adanya keinginan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan sejumlah partai lain untuk mengusung Tommy, maka akan menjadi bumerang bagi Hanura.

"Hanura akan menanggung resiko yang sangat besar, paling tidak perolehan suara Hanura pada Pemilu Legislatif 2014 akan turun," katanya.

Ketika ditanya apakah Wiranto sebagai Ketua Umum Hanura akan membuka peluang untuk Tommy, Andrinof memprediksi, Wiranto tidak akan membuka peluang tersebut.

"Meskipun Wiranto pernah menjadi ajudan Soeharto, itu hanya hubungan sejarah saja," kata Andrinof.

Sebelumnya, mantan Sekjen Hanura Yus Usman Sumanegara mengatakan, Hanura akan mengusung Tommy Suharto sebagai capres. Bahkan, dirinya sudah melakukan pertemuan dengan Tommy. Ada beberapa partai yang ingin mengusung Tommy.

Yus Usman menjelaskan diusungnya Tommy Soeharto karena keinginan masyarakat yang merindukan masa keemasan sewaktu Soeharto menjadi presiden.

"Dari survei yang dilakukan, ada kerinduan rakyat kecil untuk kembali ke masa Soeharto. Simbolnya ada di Cendana, Tommy satu-satunya yang bisa mewakili kerinduan rakyat tersebut," kata Yus.

Yus menambahkan, Hanura dan sekitar enam partai lainnya sudah menjajaki dan sudah melakukan pertemuan dengan Tommy Soeharto.

"Berdasarkan survei itulah, kita dan beberapa partai mengusung Tommy pada Pilpres 2014 mendatang," katanya. (*)

(T.pso-134/S023/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010