Frankfurt (ANTARA News) - Pembuat mobil mewah terkemuka di dunia, BMW, Senin mengatakan bahwa penjualannya meningkat 9,1 persen pada Juli dari angka setara tahun lalu, dan mengkonfirmasikan sebuah rebound (berbalik naik) di pasar-pasar utama, termasuk Jerman.

BMW menjual total 119.982 kendaraan di bawah plat nama BMW, Mini dan Rolls-Royce, kata sebuah pernyataan.

"Kami melihat pertumbuhan yang signifikan lagi pada bulan Juli," kata direktur penjualan Ian Robertson dikutip AFP. "Kami menuai manfaat tidak hanya dari pemulihan ekonomi global tetapi juga dari respon positif pelanggan untuk kendaraan kami."

Pengiriman Mini turun sebesar 5,4 persen pada 18.241 karena berhubungan peluncuran segera model baru oleh produsen Inggris, kata pernyataan.

Sebuah rincian dari pasar utama BMW menunjukkan peningkatan penjualan 10,1 persen di AS dan lompatan 52,1 persen di Asia, karena permintaan yang berkelanjutan di China.

Bahkan di Jerman, dimana penjualan sudah terus-menerus melemah dalam beberapa bulan terakhir, kelompok mengirimkan mobil 3,6 persen lebih tinggi pada Juli sementara saingan domestik Daimler, yang memiliki Mercedes-Benz, melaporkan sedikit penurunan 1,8 persen.

Dari Januari sampai Juni, penjualan BMW naik kelompok 12,5 persen pada basis 12 bulan menjadi lebih dari 816.000 kendaraan.

Robertson mengatakan penjualan akan "tetap kuat dalam bulan-bulan mendatang" dan diperkirakan memberikan lebih dari 1,4 juta kendaraan tahun ini, sekitar 10 persen lebih dari 2009.

(A026/S006/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010