Jakarta (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) meresmikan Rumah Tempe yang berlokasi di Yayasan Seribu Pulau (YSP) Setu Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Tempe krispi, camilan lezat di akhir pekan

Rumah Tempe merupakan tempat khusus untuk mengolah dan memproduksi tempe, mulai dari bahan mentah sampai menjadi produk yang siap dipasarkan.

Dengan diresmikannya Rumah Tempe itu, para yatim dhuafa di YSP kini memiliki tempat untuk memproduksi tempe berkualitas yang dapat langsung dipasarkan di sekitar YSP.

Rumah Tempe itu juga mampu mengolah limbah menjadi pakan ikan, sehingga dapat menjadi produk yang siap untuk dijual, dan tidak ada lagi limbah dari tempe yang tersisa atau terbuang.

“Semoga anak-anak yatim yang ada disini nanti akan lulus dan dapat menjadi entrepreneur yang sukses. Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk pengembangan Yayasan Seribu Pulau," kata Direktur Implementation & Program BSMU, Fauzi Indrianto dalam siaran pers, Jumat.

Ia menjelaskan, kegiatan itu merupakan kolaborasi berkelanjutan antara Laznas BSMU dengan YSP yang merupakan mitra dalam membina anak-anak yatim dhuafa, dengan memberikan tiga kemampuan dasar yaitu memahami Al-Qur’an, bahasa, serta entrepreneur.

Untuk itu, hadirnya Rumah Tempe telah sejalan dengan semangat mereka dengan memberikan keterampilan agar anak yatim dhuafa bisa menjadi seorang entrepreneur di masa depan.

Paket THR

Laznas BSMU juga memberikan paket tunjangan hari raya (THR) kepada 60 anak yatim di YSP, di mana kegiatan penyaluran paket THR Yatim Dhuafa lainnya telah dilakukan di beberapa titik lain di Jabodetabek.

BSMU bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) juga membagi paket THR Yatim Dhuafa kepada 50 anak yatim dhuafa yang lokasi penyerahannya dilakukan di Masjid Al Ihsan, Wisma Mandiri Jakarta.

Penyaluran paket THR Yatim Dhuafa ini merupakan rangkaian tebar kebaikan dari program "Ramadan Hebat" yang diadakan oleh Laznas BSMU sejak awal Ramadhan. Iman Surahman, Pendiri Yayasan Seribu Pulau menyampaikan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan bantuan Rumah Tempe dan juga THR kepada anak yatim.


Baca juga: Lewat zakat, Baznas dukung program pengentasan kemiskinan di Bitung

Baca juga: Baznas salurkan paket Lebaran mustahik di perbatasan RI-Filipina

Baca juga: LIPI ajak masyarakat dukung diversifikasi olahan tempe kemasan kaleng

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021