Jakarta (ANTARA) - Makanan yang digoreng atau dibakar lebih banyak dipilih dibandingkan dengan rebusan, padahal makanan rebus lebih menyehatkan.

Saat memasak makanan, yang harus diperhatikan adalah kandungan nutrisinya sebisa mungkin tidak berubah. Meski makanan rebus bukanlah pilihan yang paling sehat, namun ini lebih baik dibandingkan dengan yang digoreng.

Saat Anda merebus makanan, senyawa kompleks yang ada dipecah menjadi senyawa sederhana, yang membuat makanan mudah dicerna.

Beberapa manfaat kesehatan dari makanan rebus adalah membantu menurunkan berat badan, memperbaiki tekstur kulit, mencegah keasaman, dapat membantu mencegah timbulnya batu ginjal, meredakan radang perut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang lebih baik jika direbus, menurut Boldsky dikutip pada Sabtu.

Kentang
Kentang rebus adalah pilihan terbaik untuk meminimalkan kandungan lemak dan kalorinya dibandingkan dengan menggoreng. Ahli gizi menunjukkan bahwa makan kentang rebus merupakan salah satu cara terbaik untuk mengisi perut tanpa mengkhawatirkan penambahan berat badan.

Telur
Protein dari putih telur rebus sangat baik untuk kesehatan, karena membantu menjaga kestabilan gula darah Anda. Tambahkan sedikit merica atau lada untuk membuat telur lebih enak dan sehat.

Kacang-kacangam hijau
Kacang-kacangan hijau rebus memiliki 4,0 g serat, sebagian berserat larut. Serat larut dapat membantu menurunkan LDL atau yang disebut kolesterol jahat dan kadar kolesterol total. Ini juga dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Kacang
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang rebus dapat menurunkan kolesterol darah, menurunkan tekanan darah dan membantu manajemen berat badan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan memiliki lemak jenuh yang rendah dan lemak trans serta tinggi serat larut.

Jagung
Jagung rebus mengandung vitamin B yang sehat, yang penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Jagung juga menyediakan mineral penting bagi tubuh kita seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan.

Brokoli
Brokoli dan semua sayuran silangan lainnya bisa direbus sebelum dimakan untuk meningkatkan manfaatnya. Brokoli kaya akan banyak nutrisi, termasuk serat, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalium.

Brokoli juga menawarkan lebih banyak protein daripada kebanyakan sayuran lainnya. Brokoli tidak perlu direbus terlalu lama, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam sup.

Udang
Udang atau makanan laut lainnya paling bergizi saat direbus. Panas yang berlebihan menghancurkan mineral laut halus yang ada di makanan ini. Tambahkan udang rebus ke kari, sup atau salad untuk menikmati manfaatnya.



Baca juga: Manfaat telur rebus, kesehatan otak hingga turunkan berat badan

Baca juga: Tips sukses membuat "poached eggs"

Baca juga: Menristek Imbau Masayarakat Utamakan Makanan Rebus


 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021