Anti Hoax

Putin bertemu Erdogan di Turki dan bahas Palestina? Ini faktanya!

Putin bertemu Erdogan di Turki dan bahas Palestina? Ini faktanya!

Presiden Rusia Vladimir Putin (ka) berjabat tangan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (ki) dalam sebuah konferensi pers gabungan menyusul pembicaraan Rusia-Turki di resor Laut Hitam Sochi, Rusia, 22 Oktober 2019. (ANTARA FOTO/Sergei Chirikov/Pool via RUETERS/File Photo/aww/cfo)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Konflik kembali memanas di Jerussalem dan Jalur Gaza sejak awal Mei 2021, antara warga Palestina dengan polisi Israel yang berlanjut dengan serangan roket.

Media sosial lantas dipenuhi informasi-informasi terkait konflik Israel-Palestina. Salah satunya adalah video yang diunggah oleh akun Twitter @qtrix.

Cuplikan gambar yang diunggah pada 13 Mei 2021 itu telah disukai 18 pengguna lain, dan sudah dibagikan ulang sebanyak tiga kali hingga Sabtu (15/5).

Video tersebut diklaim memperlihatkan kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin di Turki, untuk bertemu  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan membahas penyerangan Israel atas Palestina.

"Presiden Putin tiba di Turki untuk membahas Palestina bersama Erdogan," demikian narasi yang disematkan pada unggahan di Twitter @qtrix.

Namun, benarkah Putin bertemu Erdogan di Turki untuk membahas Palestina?
 
Penjelasan:
Dari penelusuran ANTARA, narasi kedatangan Putin ke Turki untuk membahas Palestina bersama Erdogan itu merupakan hoaks.

Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin memang sempat membahas ketegangan di Gaza dan Yerusalem pada 12 Mei 2021. Namun, komunikasi tersebut dilakukan kedua Kepala Negara itu melalui telepon, mengacu laporan ANTARA.

Sementara video di Twitter itu diketahui merupakan konten lama yang sudah beredar sejak 2018. Video berdurasi hampir dua menit itu dapat ditemukan di kanal Youtube Radio Free Europe/Radio Liberty sejak 3 April 2018.

"Russian President Vladimir Putin arrived on April 3 on an official visit to the Turkish capital, Ankara, where he appeared with Turkish President Recep Tayyip Erdogan outside the Presidential Palace. (Presiden Rusia Vladimir Putin tiba pada 3 April dalam sebuah pertemuan resmi ke Ibu Kota Turki, Ankara, lokasi pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di luar Istana Presiden)," demikian isi keterangan video di Youtube Radio Free Europe/Radio Liberty.

Klaim: Putin bertemu Erdogan di Turki dan bahas Palestina
Rating: Salah/Hoaks

Cek fakta: PM Israel ancam muslim dengan vaksin?

Cek fakta: Indonesia tidak sikapi penyerangan Israel terhadap Palestina?

Baca juga: DK PBB akan bahas konflik Israel dan militan Palestina pada Minggu

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pesawat tempur Israel serang pos militer Hamas di Gaza

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar