Yogyakarta (ANTARA News) - Warga Yogyakarta mulai menyukai burger jamur, terutama mereka yang menghindari makanan berlemak, kata manager Mashruum Burger Yogyakarta Ari.

"Burger jamur yang menggunakan jamur tiram ini banyak disukai konsumen yang selalu menghindari makanan berlemak, termasuk mereka yang ingin menurunkan benat badan," katanya, di Yogykarta, Selasa.

Menurut dia, burger ini merupakan satu-satunya burger khusus bagi mereka pemakan makanan vegetarian.

Ari yang membuka kios Mashruum Burger di beberapa lokasi di Yogyakarta, mengatakan burger umumnya menggunakan daging, baik daging sapi maupun ayam. "Namun, kami membuat burger dengan menggunakan jamur tiram sebagai pengganti daging," katanya.

Keistimewan mashruum burger ini, menurut dia pada cita rasa mayonesnya yang sengaja dibuat dengan rasa khas Yogyakarta yaitu manis.

"Mashruum burger dibuat dalam berbagai macam di antaranya steak, sandwich, hot sosis, serta jamur crispy. Semuanya menggunakan jamur tiram," katanya.

Menurut Ari, awal mula dirinya membuka mashruum burger setelah menulis buku tentang jamur, yang kemudian mendapat tanggapan dari rekan-rekannya untuk mengembangkan bisnis jamur ini dalam bentuk makanan.

Ia mengatakan target pasarnya khususnya kalangan anak-anak, dan mahasiswa. "Namun, kalangan orang tua pun banyak yang menyukai burger ini," katanya.

Ari menjual mashruum burger seharga antara Rp4.000 sampai Rp10.000 per satu burger. "Kami sengaja mematok harga yang bisa terjangkau semua kalangan," katanya.

Menurut dia, mashruum burger produknya juga merambah sampai Solo, Jawa Tengah. "Rencana jangka panjang kami akan membuka `outlet` di berbagai kota lain, serta menciptakan variasi menu yang selalu menarik konsumen," katanya. (ANT161/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010