Manado (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memastikan ketersediaan beras dengan harga terjangkau di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami langsung melakukan peninjauan operasi pasar di Pasar Bersehati Kota Manado," kata Jerry, di Manado, Minggu.

Jerry mengatakan hari ini pihaknya meninjau operasi pasar beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang diselenggarakan PD Pasar Manado dan Bulog di Pasar Bersehati, Manado.

Dia mengatakan peninjauan tersebut untuk memastikan pasokan beras tersedia di pasar dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

“Operasi pasar ini penting dilakukan untuk memastikan pasokan beras tersedia dan harga beras terjangkau bagi masyarakat. Sejak November 2023, pemerintah melalui PD Pasar Manado dan Bulog menyediakan 100 paket beras SPHP kemasan 5 kg dengan harga Rp10.800/kg di Pasar Bersehati setiap hari,” ujar Wamendag Jerry.

Baca juga: Wamendag Jerry pastikan stok beras tidak akan langka

Wamendag Jerry mengungkapkan, pemerintah telah meningkatkan distribusi beras SPHP yang sebelumnya digelontorkan sebanyak 100 ribu ton per bulan menjadi 250 ribu ton per bulan sebagai upaya menekan harga beras. Harga jual beras SPHP juga harus sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET), yaitu maksimal Rp10.900 di tingkat konsumen.

Pada kegiatan hari ini, Wamendag Jerry juga melakukan pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Bersehati, Manado.

Menurut dia, harga bapok di Pasar Bersehati relatif stabil secara umum, namun beberapa komoditas mengalami fluktuasi harga.

“Harga bapok di Pasar Bersehati secara umum relatif stabil. Hasil dialog dengan para pedagang, memang harga beras premium dan minyak goreng curah mengalami fluktuasi harga," katanya.

Fluktuasi harga beras premium diduga karena defisit produksi beras yang terjadi pada Januari 2024. Defisit produksi beras tersebut diperkirakan akan berlanjut pada Februari 2024 ini karena mundurnya masa tanam akibat El Nino.

Baca juga: Wamendag: Kemendag lakukan langkah strategis jaga harga bapok

Wamendag Jerry menyatakan, peningkatan distribusi beras SPHP yang dilakukan pemerintah diharapkan dapat menjadi alternatif bahan makanan pokok yang terjangkau bagi masyarakat. Beras SPHP memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan beras premium.

Jerry menambahkan, pasokan komoditas bapok lainnya terpantau lancar. Adapun fluktuasi harga minyak goreng curah disebabkan karena meningkatnya tren harga minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil/CPO) pada awal tahun 2024. Harga minyak goreng curah sangat elastis terhadap perubahan harga CPO.

Namun, pasokan minyak goreng Minyakita dan minyak goreng kemasan premium dipastikan masih mencukupi dan harganya cenderung stabil.

Wamendag Jerry menegaskan, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah akan terus melakukan pengecekan dan pemantaun harga bapok secara rutin.

Pemerintah juga akan terus melihat dan mendengar langsung aspirasi dan kebutuhan yang ada di pasar sebagai bentuk keberpihakan kepada pedagang dan masyarakat.

Berdasarkan pantauan, harga bapok di Pasar Bersehati tercatat beras medium SPHP Bulog Rp10.900/kg, beras premium Rp15.500/kg, bawang putih honan Rp40.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg, cabai merah besar Rp40.000/kg, gula pasir Rp18.000/kg, minyak goreng Minyakita Rp14.000/liter, minyak goreng curah 16.200/liter, minyak goreng kemasan premium Rp22.000/liter, daging ayam Rp37.000/kg, dan tepung terigu Rp12.000/kg.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024