jadi salah satu yang menjadi inspirasi bahwa desain kita selain berorientasi ekspor, inovasi, kreatif dan juga memberikan banyak ekspansi di level global
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuga mengatakan pihaknya ingin para pelaku usaha menghadirkan produk-produk dengan desain yang berorientasi ekspor dan inovatif, salah satunya melalui ajang Good Design Indonesia (GDI) 2024.

Jerry menyampaikan, pelaksanaan GDI diharapkan mampu mendongkrak dan memberi dampak positif terhadap perdagangan Indonesia di pasar global.

"Kita dorong bagaimana produk-produk kita bisa berjaya di tingkat internasional. Semoga ini bisa menjadi motivasi kita semua dan jadi salah satu yang menjadi inspirasi bahwa desain kita selain berorientasi ekspor, inovasi, kreatif dan juga memberikan banyak ekspansi di level global," ujar Jerry dalam Penganugerahan GDI 2023 & Peluncuran GDI 2024 di Jakarta, Senin.

Produk yang memiliki desain dan kualitas berorientasi ekspor, diyakini memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Menurut Jerry, produk tersebut juga dapat berkontribusi positif kepada ekonomi, sosial dan lingkungan.

Lebih lanjut, GDI merupakan sebuah upaya dari Kemendag dalam memajukan produk-produk lokal untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masuk ke pasar ekspor.

"Ini bisa memberikan semacam KPI buat kita supaya bahwa teman-teman yang sudah dapat award bisa mendapat nilai lebih, dalam bentuk penerimaan, akses dan juga nilai-nilai komersial," katanya.

Sementara itu,Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyampaikan bahwa terdapat 502 produk yang terdaftar sebagai peserta GDI 2023 dalam 17 kategori produk yang mencakup sektor kriya, arsitektur, hingga business model.

Pemenang penghargaan terbagi menjadi tiga predikat, yaitu GDI Good Design, GDI Best Design, dan GDI of The Year. Terdapat 37 produk yang meraih predikat Good Design, 12 produk meraih predikat Best Design, dan satu produk meraih predikat GDI of The Year 2023. Sebanyak 17 produk GDI juga berhasil meraih penghargaan G-Mark 2023 di Jepang.

Didi berharap, ke depannya GDI bisa menjadi sebuah label untuk menekankan kualitas dan jaminan atas produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

"GDI merupakan jembatan bagi produk Indonesia untuk mengembangkan ke pasar global karena terkoneksi dengan Good Design Award di Jepang. Jangka panjangnya, GDI ingin menjadi label yang memberikan jaminan kualitas pada para customer," kata Didi.


Baca juga: Perkuat desain produk ekspor, Kemendag tampilkan produk GDI di M Bloc
Baca juga: Yogyakarta tuntaskan peluncuran 30 sentra IKM guna pacu ekspor
Baca juga: Menperin minta desain mebel sesuaikan selera pasar

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024