Jayapura (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional XX (PB PON) Papua yang didukung Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyiapkan 428 bus untuk mengangkut atlet dan ofisial selama pelaksanaan kejuaraan empat tahunan tersebut Oktober nanti.

Sekretaris Umum PB PON XX Papua E. Loupatty di Jayapura, Sabtu mengatakan bus yang disiapkan nantinya akan disebar di empat klaster pertandingan PON XX Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Kabupaten Merauke.

"Ratusan bus akan melayani 9.703 atlet dan 9.663 ofisial di empat klaster pertandingan PON XX Papua," katanya.

Baca juga: Papua Barat genjot pemenuhan sarana latihan atlet PON XX
Baca juga: Menpora pastikan PON Papua tetap berjalan


Menurut dia, klaster Kota Jayapura bakal mendapatkan jatah terbanyak yakni 175 bus, berikutnya Kabupaten Jayapura dengan 123 bus, Mimika 92 dan Kabupaten Merauke 38 bus.

Khusus untuk angkutan tamu VVIP, menurut Elia Loupatty, pihak PB PON XX menjalin kerja sama dengan Organda Papua. Jumlah yang dibutuhkan dipastikan juga cukup banyak mengingat banyak pihak yang bakal terlibat pada kejuaraan multi event terbesar di Tanah Air ini.

Segala persiapan saat ini sedang dikebut mengingat PON XX Papua akan berlangsung 2-15 Oktober nanti. Lokasi pertandingan juga semuanya hampir rampung pengerjaannya. Untuk pembukaan dan penutupan bakal digelar di Stadion Lukas Enembe.

PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga dan tersebar dalam empat klaster. Pelaksanaan kejuaraan ini juga menjadi tantangan sendiri mengingat pandemi COVID-19 belum usai.

Baca juga: Garuda Indonesia resmi jadi maskapai penerbangan kontingen Indonesia
Baca juga: PB PON targetkan pemasukan minimal Rp200 miliar dari sponsor

Pewarta: Muhsidin
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021