Wakapolda Metro pantau tes antigen di pos penyekatan Tangerang

Wakapolda Metro pantau tes antigen di pos penyekatan Tangerang

Wakapolda Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Hendro Pandowo (kedua dari kanan) memberikan keterangan usai mengunjungi pos penyekatan di Gatot Subroto Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Minggu (16/5/2021). ANTARA/HO-Polres Metro Tangerang Kota/aa.

Tangerang (ANTARA) - Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen Pol. Hendro Pandowo memantau pelaksanaan tes antigen terhadap puluhan pengemudi yang masuk ke wilayah Kota Tangerang, Banten, untuk mencegah penyebaran COVID-19 usai liburan lebaran.

Pantauan di lapangan, Minggu, Wakapolda mengawasi pos penyekatan pos penyekatan Jalan Gatot Subroto Jatiuwung yang berbatasan dengan Bitung, Kabupaten Tangerang.

Dalam kunjungan ke pos penyekatan, Wakapolda Metro Jaya meminta kepada petugas gabungan untuk terus melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kendaraan yang membawa penumpang dari luar daerah.

Kepala Satpol PP Kota Tangerang Agus Henra mengatakan ada puluhan pengendara roda dua maupun roda empat yang menjalani tes cepat antigen.

Hasilnya, tak ada pengemudi yang reaktif dari hasil tes tersebut dan diizinkan melanjutkan perjalanan kembali.

"Hasilnya negatif semua," kata Agus.

Agus menambahkan jika pemeriksaan tes antigen terhadap warga pendatang usai mudik itu akan terus dilakukan dalam jangka waktu ke depan sebagai deteksi dini mencegah penularan COVID-19.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah telah menginstruksikan kepada seluruh Lurah dan Camat untuk dapat mendata warga yang kembali dari luar Kota Tangerang agar membawa surat bebas COVID-19 atau hasil pemeriksaan antigen 1x24 jam.

"Lurah dan Camat agar berkoordinasi dengan RT/RW mendata warga yang balik dari luar kota agar membawa surat keterangan bebas COVID-19. Ini untuk pendataan dan tracing," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam keterangannya Minggu.

Perlu diketahui pada hari ini diperkirakan merupakan puncak arus balik mudik lebaran sebab masyarakat kembali beraktivitas normal pada Senin (17/5) besok.

Perlu diketahui Pemkot Tangerang telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dalam menekan penyebaran COVID-19 saat libur lebaran dengan larangan mudik bagi pegawai dan masyarakat.

Kemudian menutup tempat wisata seperti taman tematik, menutup Tempat Pemakaman Umum (TPU) agar tak ada kerumunan saat kegiatan ziarah kubur. Lalu membatasi jumlah pengunjung di pusat belanja dan tempat makan.

Pemkot Tangerang bersama Kepolisian dan TNI juga membuat posko penyekatan untuk mengantisipasi warga yang melakukan mudik lebaran. Hasilnya ratusan kendaraan di putar balik karena ketahuan akan melaksanakn perjalanan mudik.

Baca juga: Polda Metro rencanakan pos pemeriksaan arus balik hingga akhir Mei
Baca juga: Warga kembali ke Tangerang harus bawa surat bebas COVID-19
Baca juga: Satgas COVID-19 Tangerang lakukan penyekatan di kawasan objek wisata

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Anggota Komisi XI DPR dukung Pemkot Tangerang batasi pusat perekonomian

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar