Jakarta (ANTARA) - Atletico Madrid menang secara dramatis dengan skor 2-1 atas Osasuna dalam lanjutan pekan ke-37 Liga Spanyol di Wanda Metropolitano pada Minggu waktu setempat.

Gol Renan Lodi dan Luis Suarez di 10 menit terakhir laga membawa Los Rojiblancos mengamankan tiga poin dan mengamankan puncak klasemen jelang pekan terakhir liga, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Skuad Diego Simeone memasuki pertandingan ini dengan tujuan mempertahankan posisi di puncak klasemen.

Bermain di kandang, Atletico mengurung lini pertahanan Osasuna di pertandingan ini. Namun, lini pertahanan tim tamu tampil solid meredam ancaman Los Colchoneros.

Atletico menekan lini pertahanan Osasuna sejak menit awal. Ancaman berbahaya dimiliki tuan rumah pada menit ke-14.

Luis Suarez punya ruang yang cukup baik untuk melepas tembakan setelah menerima umpan terobosan di sisi kiri kotak penalti Osasuna. Namun, usaha tembakannya masih bisa ditepis kiper Osasuna, Sergio Herrera.

Bola muntah yang disundul oleh Angel Correa juga masih terlalu lemah dan dengan mudah diamankan Herrera.

Baca juga: Bekuk Sociedad 2-1, Atletico Madrid makin dekat dengan trofi La Liga

Suarez kembali membuang peluang emas di menit ke-23, tembakan jarak dekat mantan pemain Barcelona itu masih menerpa tiang kanan gawang.

Gelombang serangan Atletico belum berhenti. Pada menit ke-27, Correa yang terlepas dari jebakan offside mendapatkan umpan panjang.

Ia kemudian melepas sepakan voli keras, tetapi aksi gemilang Herrera masih bisa menghalau bola.

Pada menit ke-42, upaya Atletico kembali digagalkan tiang gawang Osasuna. Sepakan jarak jauh terukur Marcos Llorente yang tak bisa dijangkau Herrera masih mengenai tiang kiri.

Skor 0-0 tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Atletico masih memegang kendali pertandingan.

Atletico sempat membobol gawang Osasuna pada menit ke-58 lewat sundulan Stefan Savic selepas menerima tendangan bebas Kieran Trippier.

Namun, gol ini dianulir usai wasit meninjau VAR karena Savic sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Tim tuan rumah terus menekan. Pada menit ke-62, Correa melepaskan tendakan volinya keras, tetapi Herrera dengan tenang menangkap bola.

Terlalu fokus menyerang, Atletico justru kebobolan pada menit ke-75. Umpan silang Riben Garcia dari sisi kiri bisa ditanduk Ante Budimir.

Sundulan Budimir memang masih bisa ditepis oleh Jan Oblak, tetapi ia melakukan tepisan saat bola sudah melewati garis. Osasuna unggul 1-0.

Baca juga: Menang atas Bilbao, Real Madrid tetap bertarung hingga pekan terakhir

Tertinggal, Atletico tak punya pilihan lain untuk langsung mencetak gol demi menghindari kekalahan. Hasilnya, mereka mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-82.

Berawal dari umpan Joao Felix ke Renan Lodi yang menusuk dari sisi kiri. Lodi langsung melepas sepakan keras yang gagal dibendung Herrera.

Tiga menit berselang Atletico mampu membalikkan keadaan lewat sepakan Suarez, yang memperdayai Herrera setelah menerima umpan tarik Yanick Carrasco. Skor menjadi 2-1 untuk tuan rumah, yang tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan ini membuat Atletico belum tergusur dari puncak klasemen. Mereka mengumpulkan 83 poin unggul dua poin atas Real Madrid di urutan kedua dan tujuh angka atas Barcelona di posisi ketiga.

Susunan Pemain:

Atletico Madrid (4-3-3): Jan Oblak; Kieran Trippier, Stefan Savic, Felipe, Mario Hermoso (Renan Lodi 66'); Marcos Llorente (Hector Herrera 80'), Koke, Saul Niguez (Joao Felix 66'), Yannick Carrasco; Angel Correa (Moussa Dembele 80'), Luis Suarez.

Osasuna (5-4-1): Sergio Herrera; Jonas Ramalho, Unai Garcia, David Garcia, Alvaro Juan Cruz Armada; Kike Barja (Lucas Torro 77'), Jon Moncayola, Darko Brasanac, Jony (Roberto Torres 65'); Ruben Garcia; Ante Budimir (Enric Gallego 77').

Baca juga: Sebagian laga dua pekan akhir Liga Spanyol boleh dihadiri penonton
Baca juga: Koeman akui bakal kehilangan pekerjaan usai timnya ditahan Levante
Baca juga: Gelar juara liga kian dekat, Diego Simeone tak mau terlena

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021