Jakarta (ANTARA) - VfL Wolfsburg meraih tiket terakhir Liga Champions dari Liga Jerman kendati diimbangi tuan rumah RB Leipzig dengan skor 2-2 dalam laga pekan ke-33 di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Minggu waktu setempat.

Tambahan satu poin memaksa Wolfsburg tertahan pada peringkat keempat setelah disalip Borussia Dortmund yang menang pada laga lebih awal. Kedua tim sama-sama mengoleksi 61 poin, tetapi Dortmund punya keunggulan selisih gol 27 dibandingkan surplus 25 yang dimiliki Wolfsburg.

Namun, Wolfsburg dipastikan akan tetap finis empat besar karena mereka mempunyai keunggulan empat poin atas Eintracht Frankfurt yang menempati posisi kelima dan musim hanya menyisakan satu putaran pertandingan lagi.

Wolfsburg mendampingi tim juara Bayern Muenchen, Leipzig dan Dortmund untuk mewakili Negeri Panser dalam fase grup Liga Champions musim depan, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Dortmund kunci empat besar selepas menang di Mainz

Tim besutan Oliver Glasner itu sebetulnya tampil agresif dan membuka keunggulan pada menit ke-13 setelah tembakan jarak jauh Maximilian Philipp bersarang ke pojok kanan atas gawang Leipzig.

Keunggulan itu mampu dipertahankan dan digandakan oleh Wolfsburg lewat gol kedua Philipp pada pengujung babak pertama memanfaatkan umpan kiriman Ridle Baku.

Sayang level penampilan Wolfsburg mengendur pada paruh kedua dan enam menit selepas sepak lanjut babak kedua Justin Kluivert bisa memangkas ketertinggalan tuan rumah dengan menyelesaikan umpan kiriman Marcel Sabitzer dari tengah kotak penalti.

Keunggulan Wolfsburg sepenuhnya musnah pada menit ke-78 ketika Sabitzer mengkonversi tendangan penalti yang diraih Leipzig setelah Amadou Haidara dijatuhkan Paulo Otavio dalam area terlarang.

Baca juga: Schalke jegal kesempatan Frankfurt masuk empat besar

Leipzig bahkan hampir berbalik memimpin dua menit kemudian saat Hwang Hee-chan menanduk umpan silang Christopher Nkunku yang sayangnya masih bisa diamankan kiper Koen Casteels.

Dua menit jelang bubaran normal, Leipzig memperoleh peluang lain, tetapi sundulan Poulsen dalam situasi sepak pojok masih melenceng dari sasaran dan Wolfsburg memastikan dapat satu poin yang memastikan mereka finis pada empat besar.

Dalam pertandingan pemungkas yang dilangsungkan serempak Sabtu pekan depan, Wolfsburg akan menjamu FSV Mainz di Volkswagen Arena sedangkan Leipzig bertandang ke An der Alten Foersterei menghadapi Union Berlin.

Baca juga: Sepekan jelang musim berakhir, Bremen pecat pelatihnya
Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Schalke bantu Leipzig kunci tiket Champions

Baca juga: Lewandowski samai rekor Gerd Mueller kendati Bayern diimbangi Freiburg

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021