Ketinggian banjir Kampung Baru Jaksel mulai turun

Ketinggian banjir Kampung Baru Jaksel mulai turun

Warga berjalan menerobos luapan air Kali Pesanggrahan di Blok C Kampung Baru Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Senin (17/5/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Ketinggian banjir yang merendam Kampung Baru, Kecamatan Kebayoran Lama, mulai turun dari sebelumnya 90 sentimeter (cm) kemudian perlahan menjadi 70 cm dan hingga pukul 17.00 WIB mencapai 30 cm.

"Ketinggian air di tempat yang terdalam sudah surut. Siang tadi 70 cm sekarang tinggal 25-30 cm," kata Kepala Seksi Kesra Kelurahan Pondok Pinang Admiral di Jakarta Selatan, Senin.

Adapun ketinggian air paling parah sebelumnya mencapai 70 cm terjadi di RT 16 Blok C Kampung Baru.

Dampak banjir akibat luapan air Kali Pesanggrahan itu merendam permukiman warga di enam RT, yakni RT 10, 13,14,15,16 dan 17 Kampung Baru, Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Air Kali Pesanggrahan diketahui mulai naik ke permukiman sekitar pukul 03.00 WIB pada Senin ini yang diperkirakan kiriman dari hulu di Bogor.

Baca juga: Dua perahu karet disiagakan antisipasi korban banjir di Kampung Baru
Baca juga: Banjir rendam enam RT di Kampung Baru, Jakarta Selatan


Akibatnya sebanyak 214 kepala keluarga di enam RT itu rumahnya terdampak dengan ketinggian air mulai 25 cm hingga 70 cm.

Adapun kawasan yang terendam berada di dataran rendah yang berdekatan dengan bantaran Kali Pesanggrahan.

Admiral mencatat tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut termasuk belum ada warga yang mengungsi.

Salah seorang warga RT 15 RW 05 Yanti Nur mengatakan kawasan tersebut memang kerap terjadi luapan air Kali Pesanggrahan baik ketika hujan deras atau banjir kiriman dari hulu.

Beruntung, tempat tinggalnya tidak ikut terdampak karena berada di tempat yang agak lebih tinggi. "Ini kiriman dari Bogor. Sudah sering kena banjir terakhir waktu Januari," kata Yanti Nur.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tebing turap di Batuampar amblas akibat luapan banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar