Waspada bencana, BMKG ingatkan hujan deras dan potensi banjir di Aceh

Waspada bencana, BMKG ingatkan hujan deras dan potensi banjir di Aceh

FOTO ARSIP - Sebuah mobil terendam banjir di halaman Polsek Lhoksukon, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Senin (7/12/2020). (FOTO ANTARA FOTO/Rahmad/hp)

Prakiraan cuaca ini terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Peringatan dini pada kategori dua ini masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih melanda wilayah Aceh hingga beberapa hari ke depan sehingga masyarakat diminta waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

"Prakiraan cuaca ini terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Peringatan dini pada kategori dua ini masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi,” kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan keadaan ini disebabkan karena adanya belokan angin di wilayah Aceh dan anomali suhu muka laut di laut Andaman sehingga dapat meningkatkan penguapan serta penambahan massa uap air laut yang memicu pertumbuhan awan konvektif dan berpotensi terjadinya hujan ringan, sedang bahkan cuaca buruk di Aceh.

Dalam kondisi ini, dampak yang berpotensi ditumbulkan seperti jalan licin, jarak pandang berkurang, gangguan skala kecil pada layanan air bersih, layanan sekolah dan rumah sakit, longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil serta terjadi genangan air di daerah pesisir.

“Dan juga banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman serta banjir mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala kecil,” katanya.

Beberapa daerah yang masih diguyur hujan sedang hingga deras seperti Aceh Jaya, Aceh Besar, Aceh Utara, Bireuen, Kota Lhokseumawe, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Kota Subulussalam dan Aceh Singkil.

“Masyarakat kami minta agar selalu siaga, terutama untuk selalu wasapada terhadap potensi banjir, begitu juga bahaya angin kencang, sambaran petir juga masih sangat berpotensi pada cuaca seperti ini,” katanya.

Untuk kabupaten/kota lain di Provinsi Aceh berpotensi dengan cuaca berawan hingga hujan ringan atau sedang dan tidak merata, demikian Zakaria Ahmad.

Baca juga: BMKG: Aceh berpotensi hujan sedang dan lebat hingga awal Mei

Baca juga: BMKG perkirakan potensi hujan sedang hingga lebat di kawasan Aceh

Baca juga: Penelitian awal gempa Samosir digagas bersama BMKG-USK-Aceh Besar

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Siang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar