Denpasar (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menilai perhatian besar jajaran Pemprov Bali dalam bidang keamanan yang menerapkan standar internasional merupakan pilihan kebijakan yang sangat cerdas.

"Keamanan berstandar internasional itu sangat penting mengingat Bali mengandalkan sektor pariwisata untuk menggerakkan perekonomian masyarakat," kata Mendagri Gamawan Fauzi dalam sambutan tertulis dibacakan Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu.

Pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Pemerintah Provinsi Bali, Mendagri Gamawan Fauzi mengingatkan, faktor keamanan yang berstandar internasional menjadi sangat penting dalam pembangunan dan pengembangan kepariwisataan.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya Pemprov Bali dalam melakukan reformasi birokrasi pemerintahan dan pelayanan publik menuju birokrasi modern," ujar Mendagri Gamawan Fauzi.

Ia mengingatkan, semua upaya itu dilakukan tanpa mengabaikan dukungan dan peranserta dari berbagai pihak.

Pemprov Bali melakukan penyederhanaan dan modernisasi aspek struktur dan prosedur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu juga melakukan reformasi kultur dan cara berpikir aparat birokrasi dari budaya dilayani menjadi melayani masyarakat. Nilai harus harus secara terus menerus dibangun menyangkut upaya menanamkan semangat publik pada institusi birokrasi.

Hal itu dengan harapan semua kebijakan, program dan kegiatan pemerintah dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Mendagri Gamawan Fauzi pada kesempatan itu juga menyampaikan penghargaan kepada jajaran pemprov dan masyarakat Bali yang berhasil melaksanakan pemilihan kepada daerah (Pilkada) secara serentak pada lima kabupaten/kota secara aman, lancar dan sukses.

Pilkada secara serentak pada lima kabupaten/kota meliputi pemilihan Bupati Karangasem, Bangli, Badung, Tabanan dan Kota Denpasar.

Kesuksesan pelaksanaan Pilkada itu menurut Mendagri Gamawan Fauzi menjadi cermin dari kedewasaan masyarakat Bali dalam berpolitik dan memaknai demokrasi.

"Menjadi kewajiban kita bersama untuk terus memelihara dan meningkatkan kedewasaan berpikir dan sikap masyarakat dalam berdemokrasi, sekaligus menciptakan suasana yang kondusif, demokrasi yang berkualitas dan bermartabat," ujar Mendagri Gamawan Fauzi.
(I006/Z003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010