Jokowi perintahkan Menkes kirim lebih banyak vaksin ke Riau

Jokowi perintahkan Menkes kirim lebih banyak vaksin ke Riau

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berbicara kepada sejumlah wartawan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar di Gelanggang Olahraga Remaja, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, pada Rabu, 19 Mei 2021. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr/aa.

Pekanbaru (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sudah memerintahkan Menteri Kesehatan untuk mengirim vaksin COVID-19 lebih banyak ke Provinsi Riau untuk memperkuat upaya pencegahan pandemi virus corona jenis baru tersebut di daerah setempat.

Hal itu dikemukakan Presiden Joko Widodo saat meninjau vaksinasi COVID-19 massal di Gelanggang Remaja Kota Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan pengiriman vaksin itu diutamakan untuk wilayah Kota Pekanbaru dan Kota Dumai mengingat dua daerah itu banyak terjadi kasus positif COVID-19.

Presiden mengatakan tujuan pengiriman lebih banyak vaksin ke Provinsi Riau agar semakin banyak warga setempat yang divaksin untuk menciptakan kekebalan komunal di daerah ini.

"Diharapkan penyebaran COVID bisa ditekan dan keadaan Riau bisa lebih baik dan normal pada kuartal kedua (tahun ini, red.)," ujar Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Vaksinasi massal di Kota Pekanbaru diikuti 10.800 orang yang dilakukan di tiga tempat dan dilaksanakan selama tiga hari.

Hingga Selasa (18/5) malam, jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Provinsi Riau 52.297 kasus, dengan pasien menjalani isolasi mandiri 3.236 orang, dan dirawat di rumah sakit 905 orang. Total pasien yang sembuh 46.793 orang dan meninggal dunia 1.363 orang tersebar di 12 kabupaten/kota.

Di Kota Pekanbaru terdapat total 23.924 kasus positif COVID-19 dan 507 orang meninggal dunia, sedangkan di Kota Dumai terdapat 4.919 kasus positif COVID-19 dengan 88 orang meninggal dunia.

Baca juga: Presiden ke Riau tinjau proyek tol dan vaksinasi massal
Baca juga: Menko PMK apresiasi vaksinasi massal lintas agama di UMSU
Baca juga: Yogyakarta akan gelar vaksinasi massal malam hari untuk lansia

Pewarta: Frislidia
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden sebut Labuan Bajo siap sambut wisatawan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar