Jakarta (ANTARA News) - Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri Komjen Pol Nanan Soekarna menyatakan, Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri sakit flu sehingga tidak bisa menghadiri sejumlah acara.

"Flu, semacam flu, tidak siap untuk hadir berdiri," kata Nanan kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Minggu, ketika mewakili Kapolri dalam upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Nanan menjelaskan, untuk sementara Kapolri tidak bisa hadir dalam acara yang mengharuskan dia berdiri dalam waktu lama. Namun Kapolri kemungkinan akan hadir dalam acara pidato kenegaraan Presiden di DPR dan DPD pada 16 Agustus 2010.

"Insya Allah besok mudah-mudahan, kalau di DPR kan duduk, di sini berdiri mungkin beliau belum siap," kata Nanan.

Menurut Nanan, Kapolri masih beristirahat di rumah.

Dia membantah kabar bahwa Kapolri dirawat di rumah sakit akibat stroke ringan.

Nanan juga menegaskan bahwa Kapolri tidak tertekan dengan pemberitaan mengenai kontroversi keberadaan rekaman pembicaraan antara Deputi Penidakan Komisi Pemberantasan Korupsi Ade Rahardja dan Ari Muladi.

Kapolri sempat menjadi bahan pemberitaan setelah menunda secara mendadak acara pelantikan sejumlah perwira Polri (13/8). Setelah itu, media massa tidak mengetahui keberadaan Kapolri.

Beberapa pejabat tinggi Kepolisian menyatakan, Kapolri ada tugas lain yang tidak bisa ditinggalkan. Informasi lain menyebutkan, Kapolri berada di rumahnya bahkan Kapolri sempat dikabarkan menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk keperluan yang belum diketahui.
(F008/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010