Jakarta (ANTARA News) - Dua pebulu tangkis Indonesia, Evert Sukamta dan Renna Suwarno, meraih kemenangan pertama pada ajang Youth Olympic Games (Olimpiade Remaja) di Singapura, Minggu.

Pada pertandingan yang digelar di Singapore Indoor Stadium tersebut, Evert yang berada di Pool B mengalahkan pemain Jepang Kento Horiuchi 21-7, 14-21, 21-14 dalam 40 menit.

Pada pertandingan kedua, Evert meraih kemenangan mudah 21-4, 21-10 atas pemain Suriname Irfan Djabar yang diselesaikan pemain Pelatnas itu dalam 17 menit.

Selanjutnya, pebulu tangkis asal PB Tangkas Alfamart itu akan melawan Henry Pan dari Kanada, Senin, untuk mempertahankan peluangnya lolos dari Pool B dan maju ke perempat final.

Dua kemenangan tersebut membawa Evert untuk sementara menempati posisi teratas dalam Pool B diikuti Kento Horiuchi (Jepang), Henry Pan (Kanada) dan Irfan Djabar di posisi terbawah dengan dua kekalahan.

Sedangkan Renna, meraih kemenangan pertama atas pemain Selandia Baru Victoria Cheng 21-9, 21-5 hanya dalam 18 menit.

Pada pertandingan keduanya, melawan pemain Peru Katherine Winder, Renna juga mencatat kemenangan dua game langsung 21-9, 21-12.

Pada hari kedua Olimpiade Remaja yang baru pertamakali diselenggarakan itu, Senin, Renna akan melawan pemain China Deng Xuan pada pertandingan Pool D berikutnya.

Manajer tim bulu tangkis Indonesia Yacob Rusdianto mengatakan, untuk lolos dari Pool B, Evert hanya membutuhkan satu kemenangan lagi atas pemain Kanada Henry Pan. "Di perempat final kemungkinan dia bertemu unggulan pertama asal Korea," kata Yacob.

Sementara Renna, tambahnya, sudah harus bertemu pemain China pada babak pool karena hasil pengundian. "Tetapi semua masih mungkin menang," tambahnya.

Sementara itu, dua atlet Indonesia mengalami kekalahan saat pesta olah raga multi cabang tersebut baru dimulai, yakni atlet renang Fibriani Ratna Marita dan petenis Grace Sari Ysidora.

Fibriani tersingkir setelah hanya berada di urutan kelima pada heat 4 dengan catatan waktu dua menit 23,92 detik pada nomor 200m gaya ganti perseorangan, sementara Grace kalah pada putaran pertama oleh petenis Ceko Denisa Allertova dua set langsung 3-6, 2-6.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010