Jakarta (ANTARA News) - Motorola Droid 2 dan BlackBerry Torch mulai dijual Kamis (12/8)- dan permintaan untuk kedua ponsel pintar dalam daftar teratas itu jelas tak seperti iPhone.

Ketika iPhone 4 diluncurkan pada akhir Juni, telah menjadi satu peluncuran produk consumer electronics terbesar dalam sejarah, menurut firma riset Yankee Group, hampir 2 juta pelanggan mengantre di toko-toko di seluruh AS untuk mendapatkannya cepat-cepat.

Pengecer seperti Wal-Mart (WMT, Fortune 500), Best Buy (BBY, Fortune 500) dan RadioShack (RSH, Fortune 500) dengan cepat membuka persediaan mereka, dengan Apple (AAPL, Fortune 500) toko yang mengikuti kemudian.

Pra-pemesanan via AT & T begitu besar, bahkan belum pernah sebelumnya penawaran iPhone 4 di toko-tokonya, para pelanggan menunggu sampai seminggu setelah peluncuran.

Tidak ada baris antrean ketika berbicara  Droid 2 dan Torch. Permintaan ke beberapa lokasi beli strategis, toko Verizon (VZ, Fortune 500) dan toko AT & T menunjukkan bahwa stok perangkat baru itu pada umumnya banyak.

"Kita punya banyak produk tersebut, datanglah," kata seorang karyawan toko Verizon yang memasok Droid 2 di lokasi Atlantic Terminal di Brooklyn.

Droid 2, yang tersedia secara eksklusif di jaringan Verizon, dan B Torch, hanya di AT & T, adalah ponsel pintar kelas high-end dengan banyak keunggulan yang dapat dibuktikan.

Droid 2 menggantikan Droid asli - ponsel cepat yang penuh sensasi ketika mulai dijual pada November 2009. Dalam 74 hari pertama penjualan ponsel Droid melampaui penjualan iPhone, menurut perusahaan analisis Flurry.

Namun Droid 2 tidak hanya bersaing dengan iPhone dan perangkat berjaringan top lainnya', seperti HTC EVO 4G Sprint. Perangkat itu juga bersaing dengan Motorola Droid X dan HTC Droid Incredible - keduanya dijual sama 199 dolar (dengan kontrak baru jaringan selama dua tahun).

Droid keluaran pertama lebih lambat dan memiliki keyboard jauh lebih buruk daripada yang terbaru, Droid 2. Selain itu ponsel yang sama dijual seharga 150 dolar sejak Droid X dikenalkan Juni.

Droid 2 mempunyai fisik keyboard (bukan hanya virtual) dan dilengkapi versi terbaru Android, yang akan menarik beberapa pengguna, tapi lebih berat dari sejenisnya, dan kekurangannya ukuran layar, kualitas kamera, dan kemampuan capture video.

BlackBerry Torch memiliki cerita yang berbeda. BB Torch jelas BlackBerry terbaik yang pernah dibuat Research In Motion (RIM), dilengkapi layar sentuh/keyboard slide combo dan sistem operasi terbaru yang membuat pecinta BlackBerry mabuk kepayang.

Namun pelanggan ponsel tanpa-komitmen yang mengembara ke toko AT & T akan dihadapkan dengan dilema membayar 199 dolar untuk sebuah Torch atau 199 dolar untuk membeli sebuah iPhone 4 - dengan data yang sama dan operator yang sama [menggambarkan pendapat anda akan jaringan AT & T].

Yang membawa kita kembali ke masalah ketersediaan. Satu hal kunci baik BB Torch dan Droid 2 keduanya sungguh tersedia untuk dibeli. Banyak toko tempat pemesanan iPhone 4 dan ponsel Droids lainnya, serta EVO Sprint tidak dapat ditemui di mana saja.

Online, bahkan lebih buruk: iPhone 4 memakan waktu tiga minggu untuk pengiriman, Droids membutuhkan waktu satu sampai dua minggu, dan EVO sudah benar-benar dijual tanpa menyebutkan kapan akan tersedia.

Namun Droid 2 dan BlackBerry Torch dikirim hari ini, demikian dilaporkan CNN.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010