Untuk rute Sorong-Timika-Sorong akan dilayani tiga kali sepekan yaitu setiap hari Rabu, Jumat dan Minggu. Sementara untuk penerbangan langsung Timika-Jakarta akan dilayani setiap hari Senin
Timika (ANTARA) - Garuda Indonesia mulai Juni 2021 akan membuka rute penerbangan Jayapura-Timika-Jakarta dan juga rute penerbangan Sorong-Timika-Sorong.

Perwakilan PT Garuda Indonesia di Timika Nyoman, Rabu, mengatakan kedua rute baru itu direncanakan mulai beroperasi pada 21 Juni yang akan dilayani dengan pesawat jenis Boeing 737 seri 800.

"Untuk rute Sorong-Timika-Sorong akan dilayani tiga kali sepekan yaitu setiap hari Rabu, Jumat dan Minggu. Sementara untuk penerbangan langsung Timika-Jakarta akan dilayani setiap hari Senin," jelas Nyoman.

Wakil Bupati Mimika menyambut positif pembukaan dua rute baru Garuda Indonesia dari Timika dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa, peningkatan konektivitas wilayah sekaligus juga mendorong pemulihan dan kebangkitan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Pemkab Mimika berikan kebijakan khusus bagi penerbangan Garuda

Dengan dibukanya dua rute baru tersebut, katanya, maka warga pengguna jasa penerbangan di wilayah Timika dan sekitarnya kini memiliki alternatif untuk melakukan pemberangkatan ke wilayah barat.

Saat ini terdapat tiga maskapai penerbangan komersial yang setiap hari melayani penerbangan dari Timika ke Jakarta yaitu Garuda Indonesia dengan dua pesawat melayani rute penerbangan Jayapura-Timika-Denpasar-Jakarta dan rute penerbangan Jayapura-Timika-Makassar-Jakarta.

Sementara Batik Air dengan dua pesawat melayani rute penerbangan Jayapura Timika-Makassar-Jakarta dan rute Timika langsung Jakarta. Sedangkan Sriwijaya Air mengoperasikan satu pesawat melayani rute penerbangan Jayapura-Timika-Makassar-Jakarta.

Sejak 18 Mei ketiga maskapai penerbangan itu sudah membuka kembali rute penerbangan komersial dari dan ke Bandara Mozes Kilangin Timika, yang sempat terhenti karena larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Baca juga: Tiket Garuda Timika-Biak hingga Januari habis diborong karyawan Freeport

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021