Brno, Republik Ceko (ANTARA News) - Juara dunia tujuh-kali MotoGP Valentino Rossi Minggu menandatangani kontrak dua tahun untuk berlomba dengan menggunakan motor Ducati, demikian diumumkan tim Italia Ducati.

Pengendara Yamaha Rossi akan menggantikan mantan juara dunia asal Australia, Casey Stoner, yang akan berlomba dengan menggunakan Honda pada musim mendatang setelah empat tahun bergabung dengan tim Italia tersebut.

Rossi mengatakan ia tengah menantikan suatu tantangan baru setelah tujuh tahun bergabung bersama produsen motor Jepang Yamaha.

"Waktunya sudah tiba bagi saya untuk menemukan tantangan baru; tuga saya bersama sekarang sudah berakhir," ujarnya dikutip AFP.

"Sungguh sedih, bahkan kisah cinta paling indah pun bisa berakhir tetapi mereka meninggalkan kenangan yang sangat berkesan."

Rossi (31) menduduki urutan kelima pada Grand Prix Ceko, Minggu, namun peluangnya untuk mempertahankan gelar juara dunianya sudah dikompromikan ketika dia absen selama enam pekan pada musim ini setelah kakinya mengalami cedera di Mugello.

"Kami senang bisa mengumumkan bahwa Valentino Rossi akan bergabung bersama kita mulai 2011," ujar Presiden Ducati Gabriele Del Torchio.

"Dia adalah pebalap teladan unggulan di dunia balap motor."

Lin Jarvis, direktur utama Yamaha Motor Racing, mengatakan Rossi memainkan suatu peranan penting dalam keberuntungan tim itu.

"Valentino bergabung dengan Yamaha tahun 2004 pada suatu momen saat Yamaha tengah berjuang dalam balap jalanan setelah sebelas musim tanpa bisa meraih kemenangan satu kejuaraan pun," ujar Jarvis.

"Sementara kami menyesali keputusan Vale untuk pindah, pada saat bersamaan kami menghargai sepenuhnya keputusannya untuk mencari suatu tantangan baru dan kami mengharapkan dia meraih hal terbaik bagi 2011 dan tahun-tahun selanjutnya."

(A016/A020/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010