Gianyar (ANTARA News) - Sebanyak 10 gajah di Kebun Binatang Taman Safari, Gianyar, Bali, akan dikerahkan untuk mengikuti upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI di kebun binatang itu.

"Saat pertemuan dengan manajemen, kami sepakat untuk mengerahkan 10 ekor gajah untuk mengikuti upacara bendera," kata Humas Kebun Binatang Taman Safari Astrid Iswulandari, di Gianyar, Senin.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi gajah ngamuk pada upacara bendera, pihaknya mengerahkan 10 pawang gajah yang didatangkan dari Jawa, Bali, Sumatra dan Kalimantan.

"Para pawang inilah yang akan bekerja penuh untuk mengarahkan gajah saat mengikuti upacara bendera," ucapnya.

Soal atrakasi yang akan dilakukan gajah asal Sumatra itu , kata dia, pihaknya belum mengetahui persis, karena hal itu akan dilakukan secara spontan.

"Kita lihat saja besok, apa atraksi gajah itu saat mengikuti upacara bendera," katanya.

Upacara bendera itu, akan dimulai pukul 07.00 wita dan diperkirakan selesai pada pukul 08.00 wita.

"Persiapan-persiapan untuk pelaksanaan upacara sudah 80 persen rampung. Kini tinggal menunggu pelaksanaannya," katanya.

Ia menjelaskan, dalam upacara ini, pihaknya tak melibatkan satwa lain, karena sulit mengaturnya.

"Kalau macan sangat susah ditundukkan, karena pada dasarnya memiliki jiwa liar. Jadi binatang buas ini tak bisa diikutkan dalam upacara bendera," ungkapnya.

Ia menyebutkan, menyertakan gajah pada upacara itu, Kebun Binatang Taman Safari juga menyelenggarakan permainanan untuk para pengunjung. " Permainan itu berupa memasukan kelereng ke botol," katanya. (*)
(ANT-199/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010