London (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Djoko Susilo, memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-65 yang diadakan di Wisma Duta Besar RI, Gumligen, Swiss, Selasa.

Upacara diikuti oleh pegawai KBRI Bern, masyarakat Indonesia di Swiss dan Liechtenstein dan Friends of Indonesia, demikian keterangan pers Pensosbud KBRI Bern yang diterima Antara, Selasa.

Upacara Kenaikan Bendera tahun 2010 ini merupakan upacara di tahun pertama masa jabatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Djoko Susilo, yang telah memulai masa jabatannya di Swiss pada Maret 2010.

Selesai upacara bendera, Dubes Djoko Susilo berfoto bersama dan beramah tamah dengan masyarakat yang hadir. Tampak semangat nasionalisme dan kekeluargaan dari para masyarakat Indonesia yang telah puluhan tahun tinggal di Swiss dan sekitarnya.

Bagi mereka, upacara bendera merupakan moment istimewa yang sayang untuk dilewatkan. Mereka datang dari berbagai wilayah di Swiss dengan mengenakan pakaian nasional Indonesia.

Pada malam harinya, sekitar pukul 19.30 waktu setempat akan diadakan acara syukuran sekaligus buka puasa bersama masyarakat Indonesia di Swiss dan Liechtenstein.

Selain itu, akan diadakan pula acara pembagian hadiah bagi para pemenang pertandingan olahraga dan permainan anak-anak, yang telah diadakan pada Sabtu lalu di Wisma Duta Gumligen, sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT Proklamasi RI ke-65.

Pada acara tersebut diadakan berbagai macam perlombaan olahraga untuk dewasa, diantaranya tenis meja, catur, gaple dan bulu tangkis. Sementara perlombaan untuk anak - anak, yaitu: lomba mewarnai, lomba menggambar dengan tema Indonesia, lomba lari bendera, lomba sambung tali, lomba puzzle garuda dan peta Indonesia. (*)
(U-ZG/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010