Jakarta (ANTARA News) - AOL Inc bersiap-siap meluncurkan 500 website tambahan di bawah payung Patch tahun ini, bagian dari upaya luas memperbarui diri sebagai tujuan pengguna mencari peta, ulasan, dan konten lokal lainnya.

AOL, sedang mencoba untuk bergerak, AOL sebagai pelopor penyedia layanan Internet dial-up, telah meluncurkan 100 website dari website-website lokal itu dan berencana menghabiskan lebih dari 50 juta dolar untuk membangun ratusan lagi website tahun ini.

Gebrakan itu, diumumkan pada Selasa, merupakan bagian strategi berbalik ketika perusahaan itu memisahkan diri dari Time Warner Inc setelah pernikahan mereka yang gagal selama 10 tahun. AOL telah melepaskan properti seperti situs jaringan sosial Bebo, perampingan tenaga penjualan dan membangun kembali iklim platform untuk meraup pemasaran yang lebih menguntungkan.

"Kami berpikir lokal akan menjadi bagian penting di masa depan," kata Kepala Eksekutif Tim Armstrong, seorang investor asli Patch sebelum ia bergabung dengan AOL dari Google Inc.

Jon Brod, wakil presiden eksekutif AOL Lokal dan pendiri Patch, mengatakan dalam perjuangan media tradisional terdapat jurang kualitas informasi di tingkat masyarakat. "Itu adalah tugas Patch untuk mengisi," kata Brod dikutip Reuters.

Memikirkan situs Patch sebagai koran komunitas online yang dipimpin oleh seorang jurnalis profesional yang mengawasi beberapa kontributor yang mencakup semua hal dari peristiwa kejahatan lingkungan terkait sampai pertunjukan galeri.

"Jika kita membangun infrastruktur sekarang sebagai upaya guna meningkatkan ekonomi masyarakat untuk menggunakan Patch dan mendapatkan pesan," kata Warren Webster, presiden Patch.

AOL mengincar 20 miliar dolar dari iklan online lokal, katanya. "Ini kesempatan komersial terbesar yang belum menang," kata Brod.

Brod mengatakan AOL berkonsentrasi pada peningkatan pembaca Patch sekaligus sebagai tim penjualan Pacth untuk berburu tiga jenis pengiklan: kecil, bisnis lokal, bank dan dealer mobil, dan pengiklan nasional yang tertarik membeli.

"Saya suka apa yang mereka lakukan," kata Douglas Anmuth, seorang analis dari Barclays Capital. "Ini masih sangat sangat dini dan masih dalam modus investasi."

Patch adalah hanyalah salah satu bagian dari penawaran konten AOL, yang meliputi Seed, sebuah platform yang bergantung pada materi yang dihasilkan pengguna-topik populer, dan beberapa topik khusus situs populer seperti Engadget, yang dipersembahkan untuk konsumen elektronik dan teknologi gadget.

AOL adalah perusahaan baik. Yahoo Inc juga mempertaruhkan klaim menjadi sumber informasi, mempekerjakan wartawan, kesepakatan mencolok dengan beberapa ratus koran dan membeli situs konten dari Associated Content.

Demand Media, sebuah saingan Seed AOL, sebelumnya pada Agustus diajukan oleh regulator untuk meningkatkan hingga 125 juta dolar melalui sebuah penawaran saham perdana (IPO).

Juga bagi mereka bersaing dolar yang sama antara surat kabar yang tak terhitung jumlahnya, stasiun TV lokal, direktori, dan situs berita online, termasuk Huffington Post.

Andy Chapman, pemimpin perdagangan digital di Mindshare, agen media yang membeli iklan di AOL atas nama dari banyak klien, mengatakan ada banyak daya tarik dan janji dalam pemasaran lokal.

"Tidak jelas bagi saya apakah ada cukup daya tarik," katanya tentang AOL Patch. "Juri tetap di keluar."

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010