Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan menyatakan kepergian pelawak R Ibing Kusmayatna alias Kang Ibing merupakan kehilangan besar bagi Jawa Barat.

"Kang Ibing merupakan sosok seniman serba bisa dan konsisten. Jabar kehilangan atas kepergiannya," kata Gubernur Heryawan melalui sambungan telepon dari Jeddah Arab Saudi kepada Humas Pemprov Jabar, Kamis.

Secara khusus Gubernur Jawa Barat yang tengah dalam perjalanan ke Makkah untuk menjalankan ibadah Umroh itu, atas nama pribadi dan warga Jawa Barat menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian seniman lawak pemeran Si Kabayan dan Karnadi pada layar lebar itu.

Menurut Heryawan, figur Kang Ibing telah mampu menampilkan seni budaya Sunda lebih maju dan dikenal luas.

"Cara Kang Ibing menyajikan seni dan budaya Sunda menjadikan kesenian Sunda lebih terkenal dan dikenal luas, tidak hanya di lingkup Jabar, tapi juga secara nasional dan mancanegara," katanya.

Kang Ibing menurut Heryawan dikenal dengan gaya bodor yang khas Sunda. Bahkan dengan gayanya itu, Kang Ibing berhasil menyampaikan pesan moral dan pembangunan kepada masyarakat.

"Hal itu pula kesan yang membekas pada diri saya, kontribusinya cukup besar dalam mengisi pembangunan di Jawa Barat. Siapapun pasti akan kehilangan atas kepergiannya," kata Gubernur menambahkan.

Kang Ibing merupakan seniman pelawak papan atas Jawa Barat ketiga yang meninggal dunia dalam setahun terakhir. Sebelumnya, dunia seni Jabar kehilangan Yan Asmi alias Uyan dan Abah Us Us yang lebih dahulu menghadap Sang Pencipta, Allah SWT.

Kang Ibing meninggal dunia dalam perjalanan ke RS Al Islam Bandung pada Kamis, sekitar pukul 20.05 WIB. Rencananya jenazahnya akan dikebumikan Jumat (20/9).(*)

(S033/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010