Majene, Sulbar (ANTARA News) - Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta nelayan di Sulawesi Barat, khususnya yang menggunakan perahu kecil agar mewaspadai gelombang tinggi di Perairan Sulbar.

Kepala stasiun BMKG Kabupaten Majene, Edy Sofyan, di Majene, Kamis, mengatakan, gelombang di Perairan Sulbar cukup tinggi mencapai sekitar 2,0 meter.

Oleh karena itu, ia meminta agar nelayan yang menggunakan perahu kecil dapat berhati-hati melaut ketika berlayar menangkap ikan di Perairan Sulbar.

"Di bulan Ramadhan ini banyak nelayan Sulbar turun melaut meskipun cuaca kurang bersahabat, karena ingin memenuhi permintaan ikan masyarakat yang cukup tinggi di bulan Ramadhan ini, sehingga kami ingatkan agar nelayan tetap berhati-hati melaut," katanya.

Ia juga meminta agar para nelayan mewaspadai angin kencang di perairan Sulawesi yang berhembus dengan kecepatan mencapai sekitar 40 kilometer per jam.

"Nelayan juga harus mewaspadai angin kencang yang kecepatannya sekitar 40 km/jam yang bertiup dari arah timur menuju arah tenggara, karena cukup berbahaya, apalagi kecepatan angin tersebut juga dirasakan di Daratan Pulau Sulawesi," katanya. (MFH/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010