New York (ANTARA News) - Salah satu stasiun televisi terkemuka AS di kawasan Midwest, STL TV, akan menayangkan demonstrasi masakan Indonesia pada September.

Menurut Konsul Penerangan Sosial Budaya KJRI Chicago, Sylvia Shirley Malinton, kepada ANTARA News, Jumat, masakan Indonesia itu akan diperkenalkan kepada masyarakat Amerika Serkat melalui acara demo masak "Taste Central" di STL TV.

Rekaman gambar demo masak telah dilakukan pada 14 Agustus di salah satu studio STL TV di kota St. Louis, Missouri dan akan ditayangkan dalam bulan September.

"Demo masak menampilkan tiga macam masakan Indonesia, yaitu Semur Ayam, Gado Gado, dan Kolak Pisang," kata Shirley.

Demo proses memasak dilakukan oleh Winnie Bahanadewa dan Dyah Kasir dari Dharma Wanita Persatuan KJRI Chicago dan dipandu oleh salah satu "Chef" terkemuka di AS, Jonathan Kraft, dan asistennya Angela Larocca.

Dalam kesempatan itu, Winnie mendemonstrasikan cara memasak Semur Ayam, Gado Gado, dan Kolak Pisang, dengan menggunakan berbagai bumbu yang diperlukan, termasuk kecap manis, gula jawa, dan saus kacang.

Di Amerika Serikat, bumbu-bumbu seperti pada umumnya merupakan produk impor dan bisa ditemukan di toko-toko yang menjual berbagai produk dari Asia.

Tidak hanya mendemonstrasikan masakan, Winnie juga memberikan gambaran singkat tentang keindahan alam Indonesia serta berbagai macam masakan dari 33 propinsi di Indonesia, yang masing-masing memiliki kelezatan dengan ramuan bumbu berbeda.

Menurut Shirley, Chef Jonathan Kraft dan Angela memuji kelezatan masakan Indonesia yang diracik dan dihidangkan secara menarik oleh Winnie dan Dyah Kasir.

Usai acara, Kraft menyampaikan harapannya agar STL TV, Art Dimension dan KJRI Chicago meningkatkan kerjasama dalam mempromosikan masakan Indonesia dan Amerika, termasuk dengan mengadakan program magang antar sekolah-sekolah kuliner di St. Louis dan Indonesia.

Tampilnya masakan Indonesia dalam program STL TV merupakan yang pertama kalinya dan hasil kerjasama antara STL TV dengan Art Dimension, Sauce Magazine dan KJRI Chicago.

Selain ditayangkan di STL TV, demo masak yang menampilkan masakan Indonesia ini juga akan diputar pada festival tahunan terbesar "St Louis Classic" tanggal 17 September 2010 dan dimuat di majalah kuliner "Sauze Magazine".
(K-TNY/M012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010