Banda Aceh (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,8 pada Skala Richter (SR) menguncang Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, Sabtu, sekitar pukul 12.42 WIB namun tidak ada laporan kerusakan dan korban manusia.

Bagian observasi Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Mata Ie di Aceh Besar, Vina menyebutkan gempa Simeulue tersebut berpusat 2,12 Lintang Utara (LU)-96,53 Bujur Timur (BT) atau 44 kilometer tenggara kota Sinabang, ibukota kabupaten Simeulue.

Gempa siang hari itu berada di kedalaman 37 kilometer dari permukaan laut perairan sekitar Pulau Simelue.

Fenomena alam gempa itu dirasakan masyarakat Simeulue antara II hingga III Mercalli Modify Intensity (MMI).

Vina menyebutkan sejauh ini belum diperoleh laporan terkait masyarakat daerah terdekat dengan Simeulue yang merasakan gempa itu.

"Saya sudah hubungi pejabat kepolisian di Aceh Singkil, namun tidak ada laporan yang menyebutkan masyarakat disana merasakan gempa, termasuk di Meulaboh (Aceh Barat) sebab dua daerah itu posisinya dekat dengan Simeulue," katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Simeulue Rahmad menyebutkan meski tidak menimbulkan kepanikan, namun warga terutama di kota Sinabang sempat keluar rumah saat merasakan guncangan gempa.

"Tidak ada yang panik, cuma karena sudah trauma dengan berbagai gempa lalu maka masyarakat langsung keluar rumah saat merasakan guncangan gempa itu," katanya menjelaskan.

Dia juga menyebutkan masyarakat langsung keluar dari bangunan saat merasakan gempa itu karena trauma dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya.

"Kalau warga merasakan guncangan lebih kuat, maka langsung berlarian naik ke gunung, seperti saat tsunami lima tahun lalu," katanya menjelaskan. ***3***
(A042/A024)


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010