Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) mengedepankan semangat "Transformation Towards Ultimate" untuk menuju Internasionalisasi Kampus.

"Transformasi ini kita sesuaikan dengan visi misi serta Rencana Strategis USU," kata Rektor USU Dr Muryanto Armin, dalam keterangannya diterima di Medan, Senin.

Hal tersebut dikatakan Rektor USU pada Rapat Koordinasi Program Kerja USU Tahun 2021-2026, di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Ia menyebutkan USU ke depan harus menjadi Universitas berstandar Internasional berciri keunggulan lokal.

Baca juga: USU masuk dalam peringkat ke-15 THE Impact Rankings

Baca juga: Pengamat: Jalan Tol Medan-Parapat tingkatkan ekonomi Sumut 0,45 persen


"Hal tersebut sesuai dengan visi USU yaitu menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global," ujarnya.

Muryanto mengatakan, pentingnya kerja sama dan koordinasi antar pihak. "Kita harus bekerjasama untuk mencapai tujuan kita. Jangan kerja sendiri-sendiri, itu malah menyusahkan kita jadinya. Semuanya harus dapat berkolaborasi, semangat ini harus kita kedepankan agar transformasi ini berkesinambungan," ujarnya.

Ia menekankan, pentingnya transformasi di setiap lini pada tubuh USU.Tata kelola dan sistem kerja di USU perlu untuk ditinjau kembali.Saat ini, tata kelola dan sistem kerja tersebut tidak menunjukkan kesinambungan.

"Tata kelola kita masih banyak yang tidak sesuai, misalnya dalam aktivitas, produktivitas, hingga out come. Saya tidak katakan hasilnya tidak ada, tapi hasil tersebut tidaklah sustainable. Tugas itu seharusnya dapat dirinci dan dijadikan dasar, bahkan dalam menentukan besaran renumerasi. Yang saya lihat saat ini sistem kita tidak sustain," demikian Muryanto Amin.*

Baca juga: Rektor: USU rencanakan buka kuliah tatap muka secara terbatas

Baca juga: USU setujui keringanan UKT 900 mahasiswa terdampak COVID-19

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021