Jakarta (ANTARA News) - Anggota Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur menggagalkan upaya perampokan salah satu nasabah Bank Central Asia Cabang Pembantu Dewi Sartika, Senin sekitar pukul 14.00 WIB.

"Awalnya anggota mencurigai ada pengendara sepeda motor yang bolak-balik di depan bank," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Jakarta Timur Komisaris Polisi Nicholas Lilipaly di Jakarta, Senin.

Nicholas menuturkan ada petugas kepolisian yang siaga menjaga keamanan di Bank Central Asia (BCA) Cabang Pembantu Dewi Sartika itu.

Kemudian, anggota itu berusaha untuk mendekati pengendara motor, namun kedua pelaku itu mencoba melarikan diri dengan kendaraannya.

Polisi penjaga bank tersebut berupaya mengejar pelaku bersenjata api yang mengendarai motor warna merah bernomor polisi B-3209-TBC.

Salah satu pelaku melepaskan tembakan yang diarahkan kepada polisi, bahkan sempat terjadi baku tembak beberapa kali.

"Satu orang memegang senjata api, diduga jenis FN," tutur Nicholas.

Anggota kepolisian akhirnya berhasil menangkap satu pelaku, sedangkan pelaku yang memegang senjata api melarikan diri.

Pelaku menyerah setelah menghentikan kendaraannya dan bersembunyi di permukiman warga di Gang Swadaya II, Jalan SMU 14 Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur.

Sebelumnya, komplotan perampok bersenjata api juga beraksi menyatroni tiga toko emas di Pasar Bukit Duri Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (6/8).

Perampok yang diduga berjumlah 14 orang itu menggondol sejumlah perhiasan emas, kemudian melarikan diri.

Polda Metro Jaya berhasil menangkap "otak" pelaku perampokan itu, RP dan D yang berperan sebagai pembantu merencanakan, serta penadah, J.

(T014/R010/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010