Wapres: Pemerintah berkomitmen menyejahterakan Papua dan Papua Barat

Wapres: Pemerintah berkomitmen menyejahterakan Papua dan Papua Barat

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres/aa.

Elemen bangsa perlu menjaga suasana yang kondusif agar program percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat segera terlaksana.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat, setidaknya menjadi sejajar dengan kemakmuran daerah lain.

Wapres Ma’ruf Amin mengemukakan hal itu saat melantik 1.000 orang Papua dan kelompok penyandang disabilitas sebagai karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa.

"Saya ingin menekankan kembali bahwa Pemerintah tetap teguh memegang dan melaksanakan komitmen untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan Tanah Papua sejajar dengan daerah lainnya," kata Wapres Ma’ruf di Jakarta, Selasa.

Komitmen tersebut, lanjut Wapres, tidak akan bisa terlaksana jika tanpa mendapat dukungan dari berbagai elemen bangsa, khususnya dari masyarakat Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Wapres lantik 1.000 orang Papua sebagai karyawan BUMN

Oleh karena itu, Ma’ruf Amin berharap dan mengajak semua elemen bangsa bersama-sama memberikan dukungan terbaik dan menjaga suasana yang kondusif agar program percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat dapat secepatnya terlaksana.

Kebijakan afirmasi terbaru bagi Tanah Papua, menurut Wapres, dilakukan dengan penetapan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat serta Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Wapres juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang melakukan perekrutan khusus kepada masyarakat Papua dan Papua Barat.

Wapres Ma’ruf Amin melantik 1.000 orang Papua dan kelompok penyandang disabilitas sebagai karyawan. Ini merupakan perwujudan komitmen Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan Papua dan Papua Barat.

Menteri BUMN Erick Thohir juga turut hadir dalam acara inaugurasi di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Wapres harap orang asli Papua bisa pimpin BUMN

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres minta masyarakat antisipasi COVID-19 gelombang ketiga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar