Serang (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Banten memperketat pengamanan di sekitar kantor bank dan toko emas menyusul maraknya perampokan di sejumlah daerah belakangan ini.

"Kita menyikapi sejumlah peristiwa yang terjadi di luar Banten beberapa hari terakhir, sehingga pengamanan objek tertentu seperti bank dan toko mas ditingkatkan," kata Kapolda Banten Brigjen Pol Agus Kusnadi dalam inspeksi mendadak di Pasar Lama dan Pasar Rau Serang, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya ingin memantau langsung situasi pengamanan toko-toko emas dan bank yang ada di wilayah Serang dan Cilegon, untuk memastikan bahwa pengamanan pada objek-objek tersebut sudah siap dalam upaya mengantisipasi peristiwa pencurian menjelang lebaran, seperti yang terjadi di beberapa daerah.

Menurut Kapolda, kesiap-siagaan jajaran Polda Banten dalam mengamankan objek-objek tersebut dengan cara menempatkan dua personel polisi di setiap bank, kecuali yang jaraknya berdekatan bisa dicover oleh satu tim pengamanan.

Sedangkan untuk pengamanan toko-toko emas dilakukan secara mobile, kecuali ada permintaan khusus dari pihak pemilik toko mas atau bagi masyarakat yang akan mengambil uang dengan jumlah banyak, bisa meminta pengamanan polisi sebelumnya.

"Saya menyarankan bagi masyarakat yang ingin mengambil uang dalam jumlah banyak bisa meminta bantuan pengamanan polisi, gratis tidak perlu bayar," kata Agus Kusnadi.

Selain pengamanan di bank dan toko emas, pihaknya juga menempatkan satu orang personil polisi untuk mengamankan setiap lokasi ATM.

Namun demikian, Kapolda Banten tidak menyebutkan jumlah personil yang diterjunkan dalam rangka pengamanan bank, ATM dan toko mas tersebut, karena secara teknis operasional pengamanan tersebut berada di bawah Kepolisian Resor (Polres) masing-masing daerah.

Setelah melakukan inspeksi mendadak di sejumlah bank, toko emas di Pasar Lama dan Pasar Rau Kota Serang, Kapolda Banten juga rencananya akan melakukan sidak keamanan di wilayah Kota Cilegon.

(M045/Z003/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010