Seoul (ANTARA News/AFP) - Mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter, Rabu bertemu dengan kepala negara Korea Utara, beberapa jam setelah tiba di Pyongyang untuk satu misi mengusahakan pembebasan seorang warga AS yang ditahan, kata media pemerintah.

Kim Yong Nam presiden Presidium Majelis Rakyat Agung (parlemen), bertemu dan melakukan perundingan "yang hangat" dengan Carter, kata kantor berita resmi KCNA (Korean Central News Agency).

Pertemuan itu diselenggarakan d Balai Majelis Mansudae di Pyongyang, kata kantor berita resmi Korea Utara (Korut) itu, dan menambahkan Kim juga menyelengarakan satu resepsi untuk Carter di Wisma Tamu Negara Paekjwawon.

Para pejabat Korut lainya, termasuk wakil menteri luar negeri dan utusan nuklir Kim Kye Gwan,yang menyambut Carter di bandara Pyongyang, juga hadir, kata KCNA.

Carter, yang meraih hadiah Nobel Perdamaian sedang mengunjungi Pyongyang untuk mengusahakan pembebasan Aijalon Mahli Gomes, seorang warga Amerika keturunan Afrika yang ditahan April lalu karena memasuki secara tidak sah negara komunis itu dari China.(*)
(Uu.H-RN/r009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010