Jakarta (ANTARA News) - Layanan Google Email (Gmail) kini dilengkapi aplikasi baru yang mampu melakukan panggilan telepon (Phone Calls), Seperti diumumkan dalam Gmail Blog resmi perusahaan itu.

Pihak Google telah mengkonfirmasi bahwa pengguna Gmail di AS dan Kanada akan bisa melakukan panggilan telepon langsung dari akun surat elektronik mereka.

Layanan "Panggilan dari Gmail" akan dimulai pekan ini, dan di nomor telepon AS dan Kanada "Paling tidak sampai akhir tahun ini".

Cukup dua sen per menit ke Eropa, China dan Jepang juga akan tersedia.

Dalam tulisannya di Blog resmi Gmail, Teknisi piranti lunak Robin Schriebman menulis bahwa "Mulai hari ini, anda dapat menelpon ke  manapun langsung dari Gmail".

Ia mengatakan penambahan itu merupakan sebuah pengembangan dari layanan suara dari komputer ke komputer dan video chat (obrolan video).

Langkah itu akan membawa Google ke dalam kompetisi langsung dengan perusahaan media baru seperti Skype maupun operator telepon tradisional.

Phone Calls berupa tambahan pilihan pada daftar obrolan (chat list) di Gmail, seraya menawarkan sebuah tampilan  on - screen keypad (tombol telepon pada layar).

Todd Rethemeier, seorang analis pada Hudson Square, seperti dikutip Reuters mengatakan bahwa Gerakan Google menghadirkan "sebuah resiko bagi Skype". Bbagaimanapun, ujarnya, daya tarik  panggilan telepon internasional yang murah  tampaknya akan mendorong orang untuk menggunakan layanan itu.

Pihak Google belum mengumumkan rencana tersebut di luar AS.
(YUD/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010