Jakarta (ANTARA News) - Ada cara baru membersihkan tumpahan minyak: Lupakan kapal-kapal besar, kru besar-besaran dan biaya yang lumayan.

Sebaliknya, hanya mengerahkan pasukan otonom, robot pembersih minyak. Mereka dapat menemukan minyak itu sendiri. Dan ketika mereka mencapai lokasi tumpahan minyak, mereka berbicara dengan teman-teman sesama robot untuk mengetahui cara terbaik membersihkannya.

Itu visi Massachusetts Institute of Technology yang diajukan pada Rabu sebagaimana perguruan tinggi itu mengumumkan pengembangan sebuah robot prototipe disebut Seaswarm. Robot 20.000 dolar akan diluncurkan secara resmi kepada publik pada Sabtu di sebuah acara di Venesia, Italia, dan akan siap menangani tumpahan minyak selama setahun, kata Assaf Biderman, tim peneliti MIT yang mengawasi proyek itu.

Robot Seaswarm, yang dikembangkan oleh tim dari MIT Lab SENSEable City, terlihat seperti ban berjalan yang terikat pada es dingin. Ban berjalan dengan sistem yang mengapung di atas permukaan laut. Ternyata, sabuk mendorong maju robot dan mengangkat minyak dari air dengan bantuan sebuah nanomaterial yang direkayasa untuk menarik minyak dan menolak air.

"Anda bisa bayangkan seperti karpet berguling-guling di permukaan air," kata Biderman, yang juga merupakan direktur dari SENSEable City Lab.

Material pada robot ban berjalan, yang MIT sebut "handuk kertas untuk tumpahan minyak," dapat menyerap hingga 20 kali berat minyak.

Setelah itu robot menyerap mentah minyak dari permukaan laut, robot dapat membakar minyak di tempat dengan menggunakan pemanas di "pendingin es" bagian dari tubuhnya, atau dapat menampung minyak dan meninggalkannya di permukaan air untuk kemudian mengambilnya, Biderman berkata minyak itu dapat digunakan kembali atau didaur ulang.

Robot dirancang untuk bekerja dalam jumlah besar, katanya, yang berarti ribuan dapat ditempatkan pada tumpahan yang sama sekaligus. Mereka berkoordinasi satu sama lain dengan menggunakan data lokasi GPS. Sehingga memungkinkan mereka keluar dengan cara yang paling efisien untuk menangani proyek pembersihan.

Biderman dalam laporan CNN mengatakan, robot Seaswarm relatif murah, cepat dan efektif untuk membersihkan tumpahan minyak.

Apakah mereka ditempatkan pada bencana minyak Horizon Deepwater, katanya, robot Seaswarm akan membersihkan minyak dalam dua bulan dengan biaya sebesar 100 juta dolar hingga 200 juta dolar jauh lebih kecil dari tagihan pembersihan sebenarnya.

Robot Seaswarm beroperasi menggunakan energi matahari dan hanya membutuhkan daya 100 watt, atau sekitar itu dari bola cahaya terang. Mereka bisa tinggal di laut selama berbulan-bulan, kata Biderman, dan bisa beroperasi berjam-jam.

Ban yang berputar pada robot direkayasa bisa mengambang di air dan mencegah mereka muncrat ke atas.

"Karena mematuhi permukaan air, tidak dapat terbalik," katanya, "Jadi bisa bertahan pada cuaca yang cukup buruk. Bayangkan seperti daun yang mendarat di permukaan air dan bergerak dengan gelombang dan arus dan tidak bisa terbalik. "

Skimmer minyak tradisional menempel pada kapal besar. Mereka harus dioperasikan oleh orang-orang, yang meningkatkan biaya dan mereka terhambat oleh cuaca buruk.

Sekitar 800 perahu dikerahkan untuk menanggapi bencana minyak Horizon Deepwater, yang dimulai April dan menyebabkan hampir 5 juta barel minyak tumpah ke laut, menurut perkiraan pemerintah. Sebagai perbandingan, 5.000 hingga 10.000 robot otonom MIT akan dibutuhkan untuk merespons tumpahan, kata Biderman.

MIT akan melanjutkan penelitian tentang robot selama sekitar satu tahun, katanya, ketika teknologi robot akan siap untuk dikomersilkan dan jika ada pembeli.

Kelompok-kelompok lain sedang mengembangkan teknologi pembersihan tumpahan minyak.

Case Western Reserve University telah mengembangkan nanoteknologi lain yaitu bahan "spons" yang dapat digunakan menanggulangi bencana tersebut.

Dan sebuah perusahaan bernama Extreme Spill Technology mengatakan dalam situs web telah mengembangkan dari yang tradisional, perahu berbasis teknologi skimmers yang bekerja jauh lebih cepat dan di perairan lebih ganas dibanding skimmers tradisional.

Biderman mengatakan robot MIT pembersih minyak akan paling efektif dalam situasi seperti bencana minyak baru-baru ini, di mana minyak menyebar.

"Idealnya, ketika tumpahan terjadi, hal terbaik untuk dilakukan adalah menahan tepat di tempat tumpahan terjadi," katanya.

"Tapi cukup sering minyak keluar dari area isolasi, dan ini adalah di mana teknologi ini akan paling efektif."

Namun robot itu benar-benar dirancang dengan lebih kecil, pembersihan terlokalisasi dalam pikiran (kami), katanya.

"Kami berharap bahwa tumpahan seperti apa yang telah kita lihat pada Deepwater Horizon tidak akan terjadi lagi, tapi kebocoran minyak terus-menerus terjadi dan itu benar-benar yang memotivasi kami," katanya. "Ketika pengeboran lepas, anda selalu menemui kebocoran dan anda bisa membayangkan sebuah tim robot bersiap di sudut untuk membersihkan tumpahan."

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010