Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra unggulan kedua Markis Kido/Hendra Setiawan menyudahi tiga kekalahan beruntun atas pasangan Taiwan Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu untuk maju ke semifinal Kejuaraan Dunia.

Pada partai terakhir yang digelar di lapangan satu Stadion Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Jumat atau Sabtu dini hari Waktu Indonesia Barat (WIB), pasangan juara dunia 2007 itu menang 21-13, 21-13 atas unggukan keenam dari Taiwan itu.

"Tadi kami bermain lebih sabar dan berusaha memaksa lawan bermain cepat. Kami tidak mau mengikuti permainan mereka," ujar Kido yang dihubungi usai pertandingan mengenai kunci kemenangannya itu.

Meski demikian, tambahnya, dia dan pasangannya berusaha meredam permainan di depan net. "Kalau sama-sama keras kami kalah," katanya.

Kemenangan tersebut menyudahi tiga kekalahan beruntun yang dialami ganda putra juara Olimpiade Bejing itu dari Fang/Lee, yakni di China Super Series 2009, di Singapura, dan Indonesia Super Series 2010.

Hasil tersebut juga membuat rekor pertemuan kedua pasangan menjadi masing-masing mengumpulkan empat kemenangan dari delapan pertemuan.

Pada semifinal, Kido/Hendra akan melawan juara bertahan, Fu Haifeng/Cai Yun dari China. Pasangan unggulan kelima itu maju ke babak empat besar dengan menyisihkan unggulan ketiga asal Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen 21-13, 21-1.

"Kami sudah sering bertemu, jadi sudah sama-sama tahu (permainan masing-masing) tinggal harus lebih nekat saja," katanya mengenai lawan mereka berikutnya, Fu/Cai.

Rekor pertemuan Kido/Hendra dengan pasangan China itu adalah 3-4 dengan kemenangan terakhir diperoleh Fu/Cai pada final Piala Thomas di Malaysia Mei lalu.

Semifinal lainnya mempertemukan unggulan teratas Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dari Malaysia dengan unggulan keempat asal China Guo Zhendong/Xu Chen.

Koo/Tan meraih tempat di empat besar setelah berjuang keras selama satu jam 12 menit mengalahkan unggulan ketujuh Jung Jae Sung/Lee Yong Dae 23-25, 21-13, 21-14, sedangkan Guo/Xu mengungguli juara dunia 2003 yang menjadi unggulan delapan Lars Paaske/Jonas Rasmussen dari Denmark 21-16, 23-21.

Sebelumnya, pemain tunggal putra Taufik Hidayat sudah lebih dulu lolos ke babak empat besar setelah menyingkirkan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei 21-15, 11-21, 21-12 untuk selanjutnya melawan pemain Korea Selatan Park Sung Hwan. (*)

(T.F005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010