Jakarta (ANTARA) - FC Cologne mengubur mimpi Holstein Kiel untuk bermain di kasta tertinggi Liga Jerman seusai memenangi leg kedua playoff promosi-degradasi dengan skor telak 5-1 di Stadion Holstein, Kiel, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Hasil itu menjadi jawaban bagi Cologne atas hasil mengejutkan ketika Kiel menang 1-0 dalam leg pertama tiga hari yang lalu.

Cologne bertahan di strata tertinggi Liga Jerman setelah memenangi playoff promosi-degradasi dengan skor agregat 5-2 atas Kiel.

Sebastian Andersson mengemas dua gol untuk kemenangan Cologne yang diwarnai kontribusi gol-gol lain dari Jonas Hector, Rafael Czichos serta Ellyes Skhiri, sedangkan Kiel hanya bisa membalas sekali melalui Lee Jae-sung, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Holstein Kiel di ambang sejarah promosi ke kasta tertinggi Jerman

Hector membuka keunggulan Cologne saat laga belum genap berusia tiga menit, yang segera dibalas oleh Kiel melalui tandukan Jae-sung menyambar bola muntah hasil tendangan Finn Porath.

Namun, Cologne segera merestorasi keunggulan mereka saat umpan silang Florian Kainz diselesaikan sundulan tajam Andersson pada menit keenam.

Andersson menggandakan keunggulan Cologne pada menit ke-13, juga lewat gol sundulan memanfaatkan umpan Kainz dalam situasi sepak pojok, demi membalikkan agregat sementara 3-2 atas Kiel.

Sejak itu praktis Cologne menggenggam penuh kendali permainan hingga menambah lagi keunggulan mereka pada menit ke-39 jadi 4-1 melalui sepakan kaki kiri Czichos menyelesaikan umpan sundulan Hector.

Kiel tidak mampu bangkit dari keterpurukan yang mereka alami dan enam menit jelang bubaran waktu normal Skhiri melengkapi kemenangan Cologne jadi 5-1 atas tuan rumah.

Cologne yang cuma finis di urutan ke-16 klasemen akhir Liga Jerman akan tetap tampil di kasta tertinggi musim depan, bersama VfL Bochum dan Greuther Fuerth yang meraih tiket promosi dari Bundesliga.2.

Baca juga: Klasemen akhir Liga Jerman: Bermen terdegradasi setelah empat dekade
Baca juga: Frankfurt bajak Oliver Glasner dari Wolfsburg
Baca juga: Lewandowski sabet top skor Liga Jerman empat musim beruntun

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021