London (ANTARA News) - Fernando Torres mencetak gol pertamanya dalam 10 pertandingan ketika tendangan volinya mencetak gol kemenangan saat Liverpool mengawali laga Liga Utama Inggris (Liga Premier) dengan kemenangan 1-0 atas West Bromwich Albion di Anfield, Minggu.

Sementara tim yang menghabiskan banyak uang untuk belanja pemain Manchester City, yang mengalahkan Liverpool 3-0 pada Senin, kalah 0-1 di Sunderland ketika tendangan penalti Darren Bent di akhir pertandingan membawa tim tuan rumah meraih ketiga poin.

Bolton Wanderers berjuang bangkit dari ketertinggalan 0-2 untuk bermain imbang di kandang melawan Birmingham City setelah kiper asal Finlandia Jussi Jaaskelainen diusir dari lapangan karena menampar wajah pemain Birmingham Roger Johnson.

Aston Villa bangkit setelah dibabat 0-6 oleh Newcastle United pekan lalu dan kalah di playoff Liga Europa dari Rapid Vienna, ketika gol di awal pertandingan dari Luke Young memberi mereka kemenangan 1-0 atas Everton di Villa Park.

Torres menjalani dua operasi lutut pada akhir musim lalu, terseok-seok dalam Piala Dunia bersama Spanyol dan, menurut manajer

Roy Hodgson, masih belum bugar sepenuhnya. Meski demikian,

ia menyarangkan tendangan voli dari umpan silang Dirk Kuyt setelah menit ke-65 untuk menciptakan golnya yang ke-41 dalam 43 pertandingan Liga Premier di Anfield.

"Fernando sedang berjuang mencapai performa terbaiknya dan masih dua hingga tiga pertandingan lagi untuk mencapai kebugaran sepenuhnya tetapi gol tersebut akan memberinya kekuatan yang baik hari ini," kata Hodgson kepada BBC. "Ia semakin kuat seiring berjalannya pertandingan."

West Brom harus kehilangan pemain belakang James Morrison yang diusir keluar lapangan empat menit menjelang usai karena melakukan pelanggaran terhadap Torres.

Teves gagal

Pemain Manchester City Carlos Tevez gagal mencetak gol yang terbuka lebar setelah menit ke-14 ketika tendangannya dari jarak 12 meter melampaui mistar gawang saat gawang terbuka lebar di depannya.

Kebuntuan dengan Sunderland akhirnya pecah menjelang pertandingan berakhir ketika Micah Richards melakukan pelanggaran terhadap Bent untuk mendapat tendangan penalti dan Bent menyarangkan tendangannya dari titik penalti melalui bawah penjaga gawang Inggris nomor satu Joe Hart untuk mencetak gol.

Bos Sunderland Steve Bruce mengatakan kepada BBC Sport: "Saya kira Carlos Tevez tidak akan pernah gagal dalam kesempatan seperti itu lagi. Ini hanya menunjukkan pada Anda apa sepak bola itu. Syukurlah ada sedikit keberuntungan berpihak kepada kami namun pada babak kedua saya kira kami lah tim yang akan memenanginya."

Birmingham memimpin Bolton 2-0 setelah gol dari Johnson (menit keempat) dan Craig Gardner (menit ke-51), tetapi Bolton bangkit untuk meraih satu poin melalui tendangan penalti dari Kevin Davies (71) dan tendangan bebas dari mantan pemain Birmingham Robbie Blake 10 menit kemudian.

Bolton bangkit setelah Jaaskelainen langsung mendapat kartu merah setelah menit ke-36 karena menampar wajah Johnson ketika pemain belakang Birmingham itu meminta maaf karena terlambat, tetapi tidak dendam.

Kemenangan Villa membawa mereka ke posisi keempat pada klasemen dengan enam poin dari tiga pertandingan, di bawah Chelsea (9 poin),

Arsenal (7) dan Manchester United (7) yang semuanya menang pada Sabtu.

Liverpool naik ke papan tengah dengan empat poin sementara Everton, yang melakukan awal terburuk mereka selama 11 musim, berada di urutan 18 dengan satu poin dan hanya Stoke City dan West Ham United, yang keduanya kalah dalam tiga pertandingan pertama mereka, yang berada di bawahnya.

Reuters/F005/A016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010