Sepak Bola Nasional

Polri terbitkan izin Liga 1 dan Liga 2 Indonesia

Polri terbitkan izin Liga 1 dan Liga 2 Indonesia

Sejumlah foto tokoh sepak bola Indonesia yang telah wafat ditampilkan saat berlangsungnya Kongres PSSI 2021 di Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Kongres tersebut membahas persiapan timnas Indonesia, Liga Indonesia, perubahan nama klub serta pengesahan anggota baru. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menerbitkan izin keramaian kompetisi sepakbola Liga 1 dan Liga 2 Indonesia.

"Inshaallah (izin) sudah," kata Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Imam Sugianto lewat pesan instans 'whatsapp' di Jakarta, Senin, menjawab pertanyaan ANTARA.

Sebelumnya, Polri berencana menerbitkan izin Liga 1 dan Liga 2 Indonesia pada 27 Mei 2021.

Menurut Imam, izin kompetisi Liga Indonesia tersebut diberikan setelah memperhatikan beberapa aspek dan rekomendasi-rekomendasi yang dikaji selama ini oleh pihaknya.

Baca juga: Kongres PSSI putuskan tiga hal soal Liga 1 musim 2021-2022
Baca juga: PSSI: tidak ada tim Liga 1 berganti nama
Baca juga: PSSI: Liga 1 Putri tak digelar pada 2021


"Rekomendasi dikumpulkan dan akan diberikan izin sesuai arahan Kapolri," kata Imam.

Sementara itu, Imam sebelumnya menyebutkan pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 dapat mengacu pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung 21 Maret-25 April.

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, Piala Menpora dinilai Polri sukses dari segi penyelenggaraan dan pencegahan COVID-19.

Namun, untuk Liga 1 dan Liga 2, Imam mengingatkan butuh upaya lebih karena waktu pelaksanaan yang lebih lama.

PSSI berencana menggelar Liga 1 musim 2021-2022 mulai awal Juli 2021, antara tanggal 3 sampai 7, hingga Maret 2022.

Baca juga: Ridwan Kamil "ngopi bareng" perwakilan Bonek Mania
Baca juga: Persija: Pelatih baru masih urus administrasi


Sementara Liga 2 akan bergulir 14 hari setelah sepak mula Liga 1 dan diproyeksikan berakhir pada Desember 2021.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan kompetisi sepak bola Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 digelar terpusat di Pulau Jawa pada Juli 2021-Maret 2022.

Untuk Liga 1 akan berlangsung terpusat di Pulau Jawa dan dilaksanakan dengan format liga penuh, kandang-tandang. Adapun Liga 2 musim 2021 bergulir 14 hari setelah sepak mula Liga 1 dan berlangsung sampai Desember.

"Untuk Liga 2 akan kami rapatkan kembali. Rencananya ada empat wilayah yang menjadi tuan rumah seperti Palembang, Riau, Tangerang Selatan dan lain sebagainya," tutur Iriawan.

Laki-laki yang biasa disapa Iwan Bule itu pun memastikan bahwa pihaknya akan menjadikan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 sebagai patokan untuk pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 musim terkini.

Sejumlah pihak yang berperan dalam rencana kejuaraan sepakbola Indonesia ini di antaranya Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas COVID-19, dan Polri.

Izin dari kepolisian ini menjadi penting. Sebab, jika izin tersebut tidak turun, maka tidak akan ada kejuaraan sepakbola Liga Indonesia.

Baca juga: PSSI: tidak ada tim Liga 1 berganti nama
Baca juga: PSIS Semarang masih berhati-hati rekrut pemain jelang kompetisi

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkot Bandung izinkan Stadion GBLA gelar kompetisi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar