Chicago (ANTARA News) - Bob Bradley kembali dipercaya menangani tim nasional Amerika Serikat (AS) menyusul perpanjangan kontraknya empat tahun ke depan sampai Piala Dunia 2014 di Brazil.

Otoritas sepakbola AS, Selasa mengumumkan perpanjangan kontrak tersebut sebelum kontraknya berakhir empat bulan mendatang.

Selama empat tahun menangani tim nasional AS, Bradley mencatat rekor 38 kali menang, 20 kalah dan delapan imbang.

Di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, AS meraih satu kemenangan setelah mengalahkan Aljazair 1-0. Setelah bermain imbang 1-1 dengan Inggris, pasukan Paman Sam itu akhirnya tersingkir setelah ditaklukkan Ghana 1-2.

"Bob kembali dipercaya menjadi pelatih tim nasional AS. Ia sangat menikmati pekerjaannya sebagai pelatih dan ia sangat gembira dengan perpanjangan kontrak ini," kata Ron Waxman, agen Bradley.

Bradley yang pernah mengutarakan keinginan untuk menjadi pelatih di Liga Utama Inggris dan klub-klub yang pernah didekati adalah Fulham dan Aston Villa. Bradley menjadi pelatih nasional AS menggantikan Bruce Arena.

Arena sebelumnya sukses mengantar AS ke perempat-final Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang. Tapi pada Piala Dunia 2006 di Jerman, Arena bernasib sial karena langsung tersingkir di babak pertama.

Bradley adalah pelatih yang sangat dihormati oleh para pemain dan dikenal berani dalam mengambil keputusan yang tidak populer, seperti ketika membawa Edson Buddle dan Hercules Gomez ke Afrika Selatan, padalah kedua pemain tersebut belum pernah memperkuat tim nasional sepanjang 2010.(*)

AFP/A023/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010