Chicago (ANTARA News) - Bob Bradley diberhentikan sebagai pelatih tim nasional sepak bola Amerika Serikat, Kamis, kurang dari setahun setelah memimpin AS ke babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Presiden Federasi Sepak Bola AS Sunil Gulati mengumumkan pemberhentian Bradley dalam satu pernyataan usai pertemuan antara keduanya dengan kepala eksekutif "US Soccer" Dan Flynn di Los Angeles.

Bradley mengambil alih tim AS pada Januari 2007, awalnya sementara dan kemudian permanen menggantikan Bruce Arena, yang diberhetikan setelah AS gagal maju dari babak grup pada Piala Dunia 2006.

Bradley menghasilkan rekor (menang-kalah) 43-25 dengan 12 seri dalam tugasnya selama empat setengah tahun memimpin tim AS, termasuk mengalahkan Spanyol dan berakhir sebagai runner-up Piala Konfederasi FIFA 2009 dan mahkota Piala Emas CONCACAF 2007.

Namun tim Amerika kalah dari Meksiko pada final Piala Emas bulan lalu, seperti pada kejuaraan Piala Emas 2009.

"Kami ingin berterima kasih kepada Bob Bradley atas pengabdian dan dedikasinya bagi US Soccer selama lima tahun terakhir," kata Gulati.

"Selama masa dia menjadi pelatih kepala tim nasional putra kami, ia memimpin tim meraih sejumlah prestasi.

"Tetapi kami merasa sekarang adalah saat yang tepat bagi kami untuk melakukan perubahan. Selalu berat untuk mengambil keputusan ini, terutama ketika melibatkan seseorang yang kami hormati seperti Bob. Kami berharap yang terbaik bagi usahanya di masa depan."

Pernyataan dari US Soccer mengatakan pengumumkan lebih lanjut akan dilakukan pada Jumat, kemungkinan menyebutkan penggantinya.

Amerika, yang turun enam posisi ke urutan 30 dalam peringkat FIFA yang dikeluarkan Kamis, dijadwalkan menghadapi Meksiko lagi dalam pertandingan persahabatan pada 10 Agustus di Philadelphia.

Mereka juga akan menjamu rival lainnya di kawasan Amerika Utara, Costa Rica, pada 2 September dan bertandang untuk melawan Belgia empat hari kemudian di Brussels.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011