Surabaya (ANTARA News) - Pelatih baru Persebaya Surabaya Aji Santoso siap menjawab tantangan pengurus klub tersebut, untuk kembali lolos ke Liga Super Indonesia musim 2011/2012.

Ditemui usai bertemu pengurus Persebaya, Selasa, Aji mengaku memilih sejarah panjang dan ikatan emosional dengan tim berjuluk "Bajul Ijo", bahkan pernah membawa tim tersebut juara Liga Indonesia musim 1996.

Ia mengaku target meloloskan Persebaya kembali ke Liga Super sebagai tugas berat tetapi sekaligus mulia.

"Kebetulan saya orang yang suka dengan tantangan dan saya siap menjawab target yang dibebankan pengurus. Tapi, saya juga membutuhkan dukungan dari teman-teman media, pengurus, suporter, dan masyarakat Surabaya," katanya.

Setelah bertemu pengurus, Aji langsung memimpin sesi latihan perdana di Lapangan Persebaya, didampingi dua asisten pelatih, yakni Machrus Afif dan Ahmad Rosyidin.

Sedangkan satu asisten pelatih lainnya, yakni Ibnu Grahan, belum bisa mendampingi karena masih harus istirahat selepas sembuh dari sakit.

Latihan perdana itu diikuti sebagian pemain musim lalu dan pemain Persebaya U-21. Pemain lama yang terlihat gabung, antara lain Endra Prasetya (kiper), Taufiq, Andik Vermansah, Mat Halil, Nugroho Mardiyanto, Arif Ariyanto, dan Juan Marcelo Cirelli.

"Saat ini saya masih terus berburu pemain, kendati itu tidak mudah karena sebagian besar pemain-pemain bagus sudah bergabung dengan tim-tim lain," katanya.

Namun, Aji Santoso mengaku sudah mendapatkan dua pemain baru, yakni Johan Ibo dan Errol F. Iba. Bahkan, Johan Ibo kabarnya sudah sepakat untuk gabung dengan Persebaya.

Ketua Umum Persebaya Saleh Ismail Mukadar optimistis Aji Santoso mampu mewujudkan target lolos Liga Super.

"Persebaya tidak perlu harus juara, yang penting lolos Liga Super. Kami yakin Aji Santoso punya kapasitas untuk merealisasikan itu," ujarnya. (*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010