Medan (ANTARA News) - Bantuan untuk para korban musibah meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara terus mengalir dari sejumlah pihak.

Posko Induk Pemerintah Provinsi Sumut di Medan, Selasa, mencatat bantuan dari sejumlah pihak, mulai dari instansi pemerintah dan swasta disalurkan ke daerah bencana sepanjang hari itu.

Bantuan-bantuan tersebut pada umumnya berbentuk material sandang dan pangan serta bantuan masker.

Bantuan yang disalurkan sepanjang Selasa di antaranya berasal dari DPRD Sumut, PT Jamsostek, Bank BNI 46, Bank Sumut Yayasan IBB Bandung dan RCTI Peduli.

Bantuan terdiri atas 183 karung plus 900 kg beras yang berasal dari DPRD Sumut, Bank BNI 46 dan Bank Sumut.

Kemudian, sebanyak 1,3 ton gula serta air mineral, telur dan mie instan yang berasal dari DPRD Sumut, Bank Sumut dan Bank BNI 46.

Posko Induk Pemerintah Provinsi Sumut juga mencatat bantuan mie instan sebanyak 191 dus, masing-masing 100 dus dari DPRD Sumut, 30 dus dari RCTI Peduli, 36 dus dari PT Jamsostek dan 25 dus dari Bank Sumut.

Sedangkan bantuan makanan kaleng tercatat sebanyak 120 kaleng dari

PT Jamsostek dan lima karton dari Bank Sumut.

Bantuan sandang yang disalurkan pada hari itu terdiri dari sarung sebanyak 1.000 potong dari RCTI Peduli serta bantuan masker sebanyak 1.400 buah dari Yayasan IBB Bandung.

Gunung Sinabung meletus pertama kali pada Minggu (29/8) dinihari pukul 00.08 WIB serta mengeluarkan asap dan abu tebal yang disertai lontaran lava pijar.

Gunung Sinabung kembali meletus Senin (30/8) pagi sekitar pukul 06.27 WIB.

Akibat musibah itu, puluhan ribu warga diungsikan ke sejumlah lokasi yang dianggap aman dengan radius minimal enam kilometer dari kaki gunung tersebut. (*)

R014/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010