Jakarta (ANTARA/JACX) – Aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta meningkat sejak pekan kedua Maret 2023 yang ditandai dengan hujan abu di permukiman sekitar lereng gunung.

Sejumlah warga lantas diminta evakuasi diri demi keamanan dan keselamatan mereka serta keluarganya.

Sebagian warganet merekam kejadian erupsi gunung berapi tersebut, seperti diunggah akun Twitter @ben_proj dan @bdleonanda.

Unggahan video kedua akun tersebut serupa, memperlihatkan penampakan gunung disertai kepulan asap. 

Berikut narasi yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia pada unggahan berbahasa Inggris itu:
“Gunung Merapi meletus di pulau Jawa di Indonesia. Aliran lahar sudah menyebar hingga jarak 1,5 km dan kepulan asap membubung setinggi 7 km ke angkasa.

Namun, benarkan video dalam unggahan tersebut merupakan video erupsi Gunung Merapi?

Unggahan video hoaks yang dinarasikan video erupsi gunung merapi mARET 2023. faktanya, video tersebut merupakan erupsi gunung Sinabung 2018 lalu. (Twitter)

Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, video tersebut serupa dengan unggahan akun YouTube BagusTV Production dengan judul ‘Video Amatir Dasyatnya Letusan Gunung Sinabung’.

Pada tanggal 19 Februari 2018 pukul 08:53 WIB, Gunung Sinabung di Sumatera Utara menampakkan erupsi eksplosif dengan tinggi kolom letusan mencapai 5000 meter dari atas puncaknya.

Mengikuti letusan itu, awan panas guguran terjadi sebanyak 10 kejadian dengan jarak luncur mencapai 4,9 kilometer ke arah sektor selatan-tenggara dan 3,5 kilometer ke arah timur-tenggara, dilansir dari laman Magma Indonesia.

Sementara terkait Gunung Merapi, Bupati Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo meminta masyarakat untuk tidak panik meski terjadi peningkatan aktivitas vulkanis beberapa hari terakhir.

"Namun perlu untuk hati-hati dan tetap waspada dalam menyikapi erupsi Gunung Merapi yang terjadi sejak Sabtu (11/3)," kata Kustini, dilansir dari ANTARA.

Dengan demikian, video pada unggahan Twitter merupakan letusan Gunung Sinabung pada 19 Februari 2018, bukan video erupsi gunung Merapi pada 12 Maret 2023.

Klaim: Video erupsi Gunung Merapi 12 Maret 2023
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Gunung Gede aktif pascagempa Cianjur

Cek fakta: Misinformasi! Kawah gunung kembali menyala setelah dilempar batu

Baca juga: BPPTKG: Merapi keluarkan awan panas guguran 60 kali sejak Sabtu

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023