Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora Minggu (21/1) kemarin masih menarik untuk disimak, mulai dari dua bunga langka mekar sempurna secara bersamaan di Sumatera Barat hingga pemanfaatan kulit mangga untuk tekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Berikut berita selengkapnya;

- Dua jenis bunga langka mekar sempurna di Batang Palupuh Agam

Dua bunga langka jenis Raflesia arnoldi dan bangkai Amorphophallus titanum mekar sempurna secara bersamaan di Batang Palupuh, Nagari atau Desa Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

- Sejumlah wilayah di Klaten dilanda hujan abu akibat erupsi Merapi

Sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dilanda hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Minggu siang.

- Jumlah gempa turun, PVMBG: Potensi ancaman erupsi Lewotobi masih ada

Penyelidik Bumi Madya dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Sofyan Primulyana mengingatkan masyarakat untuk mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan karena masih adanya potensi ancaman dari erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

- Teknologi NOC dioptimalkan pantau banjir di Barito Utara Kalteng

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengoptimalkan teknologi melalui Network Operation Center (NOC) atau pusat pemantau jaringan komunikasi dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosandi) setempat selama status tanggap darurat bencana banjir.

- Mahasiswa UGM gagas pemanfaatan kulit mangga untuk tekan kasus DBD

Empat mahasiswa Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggagas pemanfaatan kulit mangga untuk membuat larvasida alami guna menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).
 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024