Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menilai isu tentang pulau-pulau kecil dan pesisir luput dari perdebatan calon wakil presiden
Jakarta (ANTARA) - Pemberitaan tentang tanggapan para ahli maupun masyarakat terkait debat calon wakil presiden mendapat banyak atensi pembaca pada kanal humaniora Antaranews.com selama sepekan terakhir untuk periode 21-27 Januari 2024.
 
Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menilai isu tentang pulau-pulau kecil dan pesisir luput dari perdebatan calon wakil presiden. Padahal topik itu sangat penting mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan.
 
Berita tentang pembatalan tiga pesawat untuk mendarat di Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufi Palu, Sulawesi Tengah, juga mendapat banyak perhatian pembaca. Cuaca buruk menjadi penyebab utama ketiga pesawat tersebut batal mendatar.

Berikut rangkuman berita-berita terpopuler sepekan:
 
BMKG: Gempa M5,6 guncang wilayah Nagekeo, NTT tidak berpotensi tsunami
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa dengan kekuatan magnitudo 5,6 mengguncang di barat laut wilayah Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
 
Baca selengkapnya di sini.

BPPTKG: Gunung Merapi alami letusan dengan tinggi kolom tidak teramati
 
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi melaporkan Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah mengalami satu kali letusan dengan tinggi kolom tidak teramati pada Minggu (21/1).
 
Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santoso mengatakan letusan yang terjadi pukul 14.12 WIB ada indikasi ke arah eksplosif. Namun karena di kategori kegempaan di laporan MAGMA tidak ada kategori erupsi, sehingga BPPTKG mengkategorikan menjadi letusan.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Walhi sesalkan debat cawapres tak singgung pulau kecil dan pesisir
 
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menyesalkan debat calon wakil presiden yang berlangsung Minggu (21/1) malam tak menyinggung permasalahan lingkungan dan sosial yang dihadapi masyarakat pesisir serta pulau-pulau kecil.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pakar: Cawapres belum bahas perempuan dalam pembangunan berkelanjutan
 
Ketua Pusat Studi Agama, Lingkungan dan Perubahan Iklim, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Maila Dinia Husni Rahiem menyatakan bahwa ketiga calon wakil presiden (cawapres) belum membahas pentingnya pelibatan perempuan dalam pembangunan berkelanjutan.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Sejumlah wilayah di Klaten dilanda hujan abu akibat erupsi Merapi
 
Erupsi Gunung Merapi terjadi pada Minggu siang (21/1), pukul 13.55 WIB, memicu hujan abu di sejumlah wilayah yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
 
Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten Nurcahyo mengatakan erupsi itu menyebabkan awan panas guguran mengarah ke barat atau barat daya, namun angin mengarah ke timur.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Tiga pesawat batal mendarat di Palu akibat cuaca buruk
 
Pihak Otoritas Unit Penyelenggara Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufi Palu, Sulawesi Tengah melaporkan bahwa pesawat dari tiga maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, Batik Air, dan Citilink batal mendarat di bandara tersebut akibat cuaca buruk yang melanda wilayah itu.
 
Ketiga maskapai penerbangan tersebut merupakan rute Jakarta - Palu dan dijadwalkan tiba di Palu pada pukul 06.15 WITA.
 
Baca selengkapnya di sini.
                       

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024