Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum akan mendiskusikan posisi tiap calon wakil presiden (cawapres) dalam debat terakhir atau debat kelima yang mempertemukan antar-capres bersama dengan para tim sukses.

"Kalau soal posisi cawapres pada saat segmen terakhir, nanti kami akan diskusikan sama teman-teman tim sukses pasangan calon," kata anggota KPU, August Mellaz, di Gedung KPU, Jakarta, Jumat.

Ia mengakui bahwa posisi cawapres dalam debat terakhir memang belum dibicarakan. Walaupun demikian, kata dia, posisi cawapres tidak akan mengurangi substansi debat terakhir.

Baca juga: KPU tambah waktu segmen enam debat kelima jadi 4 menit

"Secara prinsip, debat kelima ini kan diperuntukkan untuk capres. Nah, apakah nanti mendampingi atau tidak? Memang ini satu hal yang kami belum bicarakan, tetapi yang jelas debat ini untuk capres. Akan tetapi, bisa saja tidak ada persoalan tanpa mengurangi substansi apa pun karena ini khan bagian dari visi, misi bagian dari penutup, khan itu bisa saja dilakukan," ujarnya.

Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa mereka akan membicarakan posisi cawapres dalam debat terakhir bersama timses pasangan calon pada saat gladi kotor atau gladi resik.

"Malam ini juga akan ada semacam gladi kotor, dan itu biasanya melibatkan bukan hanya media penyelenggara, tetapi juga dari tim pasangan calon, termasuk nanti hari Sabtu biasanya ada latihan gitu, gladi resik, itu nanti kami bisa diskusikan," katanya.

Baca juga: Ini profil 12 panelis debat capres terakhir pada Pemilu 2024

Sementara itu, dia mengatakan, mereka tidak mempersoalkan apabila cawapres mendampingi capres dalam debat terakhir.

"Saya kira kalau misalnya ternyata menarik untuk kemudian dan disepakati, untuk kemudian cawapresnya juga mendampingi, menurut kami tidak ada persoalan sama sekali," ucap dia.

Debat kelima yang menampilkan tiga capres, yaitu Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3) bertemakan antara lain pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Debat capres akan dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Stasiun televisi penyelenggara debat terakhir adalah TV One, ANTV dan Net TV.

Baca juga: KPU nilai debat terakhir akan lebih baik

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di Balai Sidang Jakarta di Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024. Setelah itu, debat keempat cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC, Senayan, pada tanggal 21 Januari 2024.

Rangkaian debat capres-cawapres kelima yang akan diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta, Senayan, pada 4 Februari 2024 merupakan debat terakhir.

Baca juga: KPU: Teknis debat ke-5 masih sama meski ada usulan tanpa penonton

KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Pengamat:  Kecerdasan emosional Gibran belum matang

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024