"Negara tidak boleh cuek, pemerintah tidak boleh abai, negara harus memberikan sebanyak-banyaknya agar kebutuhan rakyat terpenuhi. Sehingga negara tidak boleh berdagang, pemerintah tidak boleh berdagang dengan rakyatnya. Nah itu clue pertamanya,"
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden (wapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar mengatakan, negara sudah seharusnya tidak boleh abai dan cuek dalam memenuhi kebutuhan rakyatnya demi kesejahteraan bersama.
 
"Negara tidak boleh cuek, pemerintah tidak boleh abai, negara harus memberikan sebanyak-banyaknya agar kebutuhan rakyat terpenuhi. Sehingga negara tidak boleh berdagang, pemerintah tidak boleh berdagang dengan rakyatnya. Nah itu clue pertamanya," kata Muhaimin usai debat terakhir calon presiden (capres) Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam.
 
Hal itu menanggapi setelah melihat hasil perjalanan panjang hampir setahun ini, dimana bertemu, bersalaman dengan semua orang. Mereka menitipkan pesan bahwasannya mereka ingin Indonesia yang lebih baik dan adil.
 
Selain itu, Muhaimin meminta seluruh rakyat Indonesia untuk merenungkan hati dan pikiran dalam menentukan pilihan saat hari pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang.
 
"Pak Prabowo, Pak Ganjar dua-duanya sudah bergeser setuju perubahan. Yok renungkan aja nanti malam saya ga ngarang ini. Lihat elemen kalimat yang muncul diakhir saat tanya jawab dan diakhir kesimpulan kami merasa sangat berhasil karena pada dasarnya Pak Ganjar maupun Pak Anies itu setuju perubahan," jelas Muhaimin.
 
Lalu, Muhaimin turut bersyukur karena saat debat terakhir ini Anies Baswedan mampu menjelajahi semua kebutuhan mendesak, menunjukkan pemerintahan yang memberikan jawaban atau solusi dalam sebuah persoalan, dan pemerintahan yang tidak mengabaikan masalah-masalah yang dihadapi rakyat.
 
Calon Presiden RI Anies Baswedan, saat menyampaikan pesan penutup dalam debat kelima Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, mengatakan bahwa negara tidak berdagang dengan rakyat.
 
Dalam pesannya, Anies menyatakan keinginan tentang negara yang tidak pelit dengan rakyatnya dan ingin menghadirkan negara yang penuh cinta kasih kepada semuanya dengan perasaan halus dan merangkul.
 
KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta.
 
Debat pemungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024